logo


Sakit Gigi? Atasi dengan 3 Herba Ini Saja

Cengkeh dipercaya sebagai anti inflamasi, antibakteri, antioksidan dan anestesi yang baik

3 Juli 2015 14:35 WIB

Ilustrasi sakit gigi
Ilustrasi sakit gigi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Banyak orang mengatakan bahwa sakit gigi jauh lebih sakit daripada sakit hati. Selain merasa sakit yang luar biasa, sakit gigi juga bisa membuat suasana hati seseorang menjadi buruk hingga mudah marah.

Pada dasarnya, sakit gigi sendiri disebabkan oleh bakteri atau virus yang menyerang daerah gigi serta gusi. Gigi yang kurang bersih, gusi bengkak karena iritasi, gigi berlubang atau retak, menjadi pemicu timbulnya sakit gigi.

Ketika Anda sakit gigi namun tak ingin pergi ke dokter tanpa meminum zat kimia yang diberikan, mungkin meminum obat alami seperti herbal jadi solusi terbaik untuk mengobati sakit gigi Anda di rumah.


Ikuti Kaidah 4T + 1W dalam Mengonsumsi Obat Herbal

Seperti yang dilansir top10homeremedies.com, terdapat obat herbal alami yang dapat menyembuhkan sakit gigi. So, apa saja obat herbal alami tersebut? Berikut ulasannya:

Lada dan garam. Ketika Anda mengalami sakit gigi, cobalah untuk menyembuhkannya dengan obat alami lada dan garam. Caranya cukup mudah. Campur lada dan garam halus serta sedikit air hingga membuat keduanya membentuk pasta. Setelah jadi pasta, oleskan obat alami ini pada gigi atau gusi Anda yang sakit. Diamkan selama beberapa menit. Jika sudah, berkumurlah. Lakukan hal ini secara teratur hingga sakit pada gigi Anda sembuh.

Bawang putih. Bisa dipastikan, semua orang mengenal obat alami satu ini. Selain mampu menurunkan tekanan darah, mengobati stroke dan membunuh sel kanker, bawang putih sangat baik digunakan sebagai obat gigi. Cara menggunakan bawang putih sebagai obat sendiri cukup mudah. Kunyah satu atau dua siung bawang putih dengan gigi Anda yang sakit agar bakteri dan virus pada gigi mati. Jika tidak berani mengunyah, haluskan bawang putih lalu oleskan pada gigi atau gusi yang sakit.

Cengkeh. Cengkeh dipercaya sebagai anti inflamasi, antibakteri, antioksidan dan anestesi yang baik untuk bantu mengurangi rasa sakit gigi serta melawan infeksi penyebab sakit gigi. Cara menggunakan cengkeh ini adalah, haluskan dua hingga 3 butir cengkeh, campur dengan minyak zaitun atau minyak kelapa lalu oleskan pada gigi yang sakit.

Agar tidak tertelan, Anda bisa mengoleskan obat alami ini menggunakan kapas. Oleskan secara lembut dan biarkan selama beberapa menit. Cara lain adalah, Anda bisa berkumur dengan satu gelas air yang telah diberikan beberapa tetes minyak cengkeh di dalamnya.

Nah, itulah tiga bahan alami yang bisa bantu Anda menyembuhkan sakit gigi. Selain bahan tersebut, Anda juga bisa menggunakan daun sirih, daun inggu kering, minyak batok kelapa, bunga matahari, biji jarak China, teh hangat tanpa gula atau air garam hangat. Semoga bermanfaat ya!

Obati Gagal Ginjal dengan Daun Sukun

Halaman: 
Penulis : Aditya Wardhana, Riana