logo


Ini Cara Jitu Pertamina Tingkatkan Kapasitas Kilang

Salah satu upaya Pertamina adalah dengan menggandeng perusahaan asal Jepang, yakni JX Nippon.

3 Juli 2015 12:51 WIB

Ilustrasi. (Ist)
Ilustrasi. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dalam rangka menjalankan proyek peningkatan kapasitas kilang pengolahan minyak, PT Pertamina (Persero) Tbk, akan menggandeng perusahaan minyak dan gas (migas) asal Jepang, yakni JX Nippon Oil & Energy dengan melakukan Head of Agreement (HOA) untuk proyek di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), pada November tahun 2015 ini.

"November ini ditandatangani. Kajian itu merupakan cetak biru untuk memesan peralatan seperti pompa misalnya," ungkap Direktur Pengolahan Pertamina Rachmad Hardadi kepada wartawan saat berkunjung ke Kantor Pengolahan Unit V, Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (2/7) kemarin.

Dalam kesepakatan tersebut, Rachmad menjelaskan, bahwa Pertamina ditetapkan sebagai pemegang saham mayoritas dengan porsi kepemilikan 70 persen, sedangkan JX Nippon Oil & Energy sebesar 30 persen.


Dukung Kualitas Udara yang Baik, Pertamina Perluas Program Pertalite Harga Khusus

Sedangkan dalam cetak biru kesepakatan itu, Rachmad menambahkan, bahwa pengadaan peralatan akan memerlukan waktu sekitar dua tahun. "Dan untuk mengerjakan ini butuh dua tahun, tapi kami akan coba compress 1,5 tahun," tambahnya.

Dengan demikian, Rachmad pun berharap, pada 2018 awal mendatang, cetak biru tersebut sudah dapat dimulai pengerjaannya. "Groundbreaking 2018 awal," tutupnya.

Vaksin Covid-19 Bikin Harga Minyak Dunia Jatuh

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin