logo


Taiwan Sasar Indonesia Sebagai Basis Produksi di ASEAN

tiga perusahaan asal Taiwan yang akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksinya.

2 Juli 2015 00:00 WIB

Kepala BKPM Franky Sibarani. (Ist)
Kepala BKPM Franky Sibarani. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Perusahaan Taiwan mulai meminati untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi mereka untuk pasar ASEAN. Saat ini BKPM menerima minat dari tiga perusahaan asal Taiwan yang akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksinya.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan perusahaan asal Taiwan itu bergerak di sektor industri consumer goods dan industri komponen kapal. Minat tersebut merupakan bagian dari minat investasi 16 perusahaan Taiwan yang disampaikan ke BKPM senilai US$ 400 juta.

"Dalam pertemuan, ketiga perusahaan juga menyatakan Indonesia potensial untuk menjadi basis produksi ke negara Asia dan Timur Tengah, karena dapat menghasilkan produk bersertifikat halal," tuturnya dalam siaran pers yang diterima Jitunews.com di Jakarta pada Kamis (2/6).


Pemerintah Fokus Dongkrak Investasi Pariwisata dan Ekonomi Digital

Menurutnya ada ketertarikan investor Taiwan di sektor maritim, khususnya perkapalan. Hal ini terliht dalam pertemuan BKPM dengan perusahaan Taiwan tersebut. Apalagi saat ini pemerintah berkomitmen untuk mendukung penuh pengembangan sektor maritim.

"Kedua perusahaan perkapalan yang sudah menyampaikan minat tersebut mengutarakan dukungan mereka untuk memproduksi berbagai jenis kapal berkualitas tinggi dan mentransfer keahlian yang dimiliki ke tenaga kerja Indonesia," lanjutnya.

Saat ini tim pemasaran investasi BKPM beserta Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taiwan akan memfasilitasi minat investasi yang sudah disampaikan tersebut. Ia menyatakan fasilitas tersebut antara lain pertemuan dengan Kementerian teknis yang terkait dengan sektor industrinya dan peninjauan lokasi potensial.

"Diharapkan mereka dapat segera merealisasikan minatnya dengan mengajukan izin prinsip ke BKPM," tutupnya.

Gencarkan Misi Dagang, Taiwan Boyong Puluhan Brand Unggulan di Ajang Happy Run 2019

Halaman: 
Penulis : Andi Dwijayanto, Vicky Anggriawan
 
×
×