logo


Wow, Pembenihan Ikan Puyu Dapat Dilakukan Tanpa Suntikan!

Ikan puyu dapat diberi pakan yang berbagai jenis, namun lebih cocok jika diberikan jenis omnivour

2 Juli 2015 17:00 WIB

Ikan puyu. (Ist)
Ikan puyu. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Ikan puyu yang juga dikenal dengan nama ‘betok’ adalah jenis ikan yang umumnya hidup liar di perairan air tawar, memiliki bentuk tubuh yang kecil namun memiliki panjang hingga 25 cm. Ikan puyuh biasa bermukim di areal persawahan, tasik, paya, lubuk, dan anak sungai.

Pembenihan ikan puyu dapat dilakukan tanpa suntikan. Untuk menunggu mendapatkan hasil tanpa suntikan memerlukan jangka masa yang lama. Walau bagaimanapun penantian ini berpadanan kerana ikan yang dipelihara dapat mengeluarkan hasil tanpa perlu menyuntik. Untuk menunggu pembenihan ikan, harus menyimpan sepasang ikan puyu dalam air yang kotor dan membiarkan selama 6 bulan.

Pemberian sejenis hormon khas membantu meningkatkan peratus ikan puyu betina. Hormon ini diberikan semasa anak ikan puyu dilepaskan didalam kolam tanah yang dibina bagi tujuan penternakan ikan puyu secara komersil. Selepas itu barulah dimasukkan kedalam kolam pembesaran yang diberi pakan berupa 20 peratus dari berat badan dan di beri 4 sampai 5 kali sehari. Pemberian pakan sebanyak itu perlu dilakukan selama 2 sampai 3 minggu pertama.


Terbukti Behasil, DPR Minta KKP untuk Dorong Budidaya Lele Bioflok

Ikan puyu betina jauh lebih besar dan lebih cepat besar dari puyu jantan. Dalam proses ini, gredkan ikan selepas sebulan dan asingkan puyu jantan yang agak kecil dan panjang. walaupun di ternak selama 6 bulan, puyu jantan sulit membesar dan sukar untuk dijual.

Ikan puyu dapat diberi pakan yang berbagai jenis, namun lebih cocok jika diberikan jenis omnivor. Tapi jika kita ternak puyu betina, ia memerlukan jumlah lemak dan minyak yang lebih dari ikan-ikan lain karena ikan puyu betina menyimpan lemak sebanyak mungkin untuk bertelur. Untuk meningkatkan bilangan telur pada puyu betina perlu diberikan makanan yang berlemak dan berminyak untuk meningkatkan penghasilan telur. Seekor indukan puyu mampu mengeluarkan hingga 50 ribu anak benih.

SKPT Mimika Berdampak Positif Pada Ekonomi Perikanan Masyarakat di Timur

Halaman: 
Penulis : Aditya Wardhana, Riana