•  

logo


Soal Cawapres Ganjar, Benny: Jokowi Akan Ikut Menentukan

Jokowi memiliki peran besar dalam menjaga kesinambungan jalannya pemerintahan dan pembangunan

21 September 2023 15:45 WIB

Joko Widodo
Joko Widodo Instagram/@jokowi

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinyatakan akan ikut berperan dalam menentukan sosok bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi bakal calon presiden, Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Hal ini dikarenakan Jokowi memiliki peran besar dalam menjaga kesinambungan jalannya pemerintahan dan pembangunan.

"Hubungan atau kedekatan Ketua Umum PDIP (Megawati Soekarnoputri) dengan Presiden Jokowi kan didasarkan pada ideologi. Jadi, Presiden Jokowi akan memiliki peran besar dalam penentuan bakal calon wakil presiden (cawapres)," ujar Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo, Benny Rhamdani di Jakarta, Rabu (20/9/2023).


Nama Ridwan Kamil Dicoret dari Daftar Kandidat Cawapres Ganjar, PDIP Beberkan Alasannya

Ketua Barikade 98 ini menegaskan, bakal cawapres pendamping Ganjar, akan diputuskan oleh 'dewa-dewa', atau para ketua umum partai pengusung Ganjar bersama Presiden Jokowi. Para ketua umum partai politik itu meliputi, Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri; Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP, Muhamad Mardiono, Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta; dan Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo.

Lebih lanjut, Benny mengatakan, sebagai salah satu kader utama PDI Perjuangan, Jokowi tidak mungkin ditinggalkan Megawati dalam keputusan-keputusan penting. Selain iti, lanjut dia, langkah tersebut juga bertujuan untul membantah klaim partai lain, yang menyebut Jokowi sebagai bagian dari mereka.

"Pilpres tahun 2024 akan jadi pertaruhan keberlanjutan pembangunan Pemerintahan Presiden Jokowi. Terlebih, Pak Jokowi telah berkali-kali menegaskan tentang Indonesia Emas di Tahun 2045, dan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi dunia," tegas Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) ini.

Ditanya sosok bakal calon pendamping Ganjar, Benny tak mau berkomentar panjang. Dia meminta masyarakat bersabar dalam menanti sosok bakal cawapres yang akan diputuskan para ketua umum dan Presiden Jokowi.

"Nanti ada kejutan, tunggu saja. Yang pasti, siapa pun cawapres yang akan diputuskan, merupakan sosok yang mendapatkan restu langit dan restu bumi," elak Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Hanura ini.

Soal agenda rapat TPN Ganjar, Benny mengungkapkan, pihaknya membahas tentang menyempurnakan tim pemenangan Ganjar di Pilpres 2024 mendatang. Selain membuat struktur di tingkat pusat, lanjut dia, partai politik pendukung Ganjar juga akan membuat struktur tim pemenangan hingga tingkat kabupaten dan kota.

"Tadi, kami menyepakati masuknya tokoh, ulama, dan unsur-unsur masyarakat dalam tim. Tokoh-tokoh ini akan mencerminkan Indonesia, mempresentasikan dari timur Indonesia, dari tengah Indonesia, dari barat Indonesia," jelas dia.

Namun begitu, sebut dia, pembentukan struktur tim pemenangan ke seluruh daerah tak akan menghalangi pembahasan dan pengambilan keputusan bakal cawapres Ganjar. "Pembahasan cawapres Ganjar dengan pembentukan tim akan berjalan paralel, berbarengan," tandasnya.

Soal Peluang Prabowo Duet dengan Ganjar di 2024, Gerindra: Saya Belum Kepikiran

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar