logo


Yuk, Mengenal Aneka Jenis dan Golongan Bunga Mawar

Mawar dibagi menjadi dua golongan besar, yakni mawar liar dan mawar hasil persilangan

2 Juli 2015 00:00 WIB

ilustrasi  (Boby/Jitunews)
ilustrasi (Boby/Jitunews)

JAKARTA, JITUNEWS.COM Tanaman hias ini sering dijadikan sebagai lambang cinta. Bentuknya yang menarik, memiliki varian warna yang beraneka ragam, serta ditunjang dari aroma bunganya yang wangi semerbak, membuat tanaman ini memiliki daya tarik tersendiri. Ya, tanaman ini adalah mawar.

Mawar merupakan tanaman hias jenis semak yang berasal dari genus rosa yang tumbuh di wilayah beriklim sedang. Seperti yang kita ketahui bersama, ciri umum tanaman mawar terletak pada kelopak bunganya yang berjumlah 5 helai, dengan beragam warna-warna cantik yang menghias. Tangkainya yang berduri dengan tangkai hijaunya yang memiliki permukaan licin. Tanaman mawar memiliki pertumbuhan tinggi batang mulai 2 hingga 5 meter, namun hal ini pun masih jarang ditemui.

Sebagai penikmat keindahan tanaman hias mawar, sudah tahukah Anda kalau mawar dibagi menjadi dua golongan besar? Yakni wild rose (mawar liar) dan old garden rose (mawar hasil persilangan). Berikut ulasan singkat mengenai jenis dari kedua golongan, yang wajib Anda ketahui.

1. Mawar putih ( White Rose )
Mawar putih merupakan mawar tertua yang dibawa oleh bangsa Romawi kuno hingga daratan Inggris. Warna putihnya sering diartikan sebagai lambang kesucian, kemurnian hati dan keagungan. Sering kita temui, bunga mawar putih dijadikan dekorasi untuk hiasan pengantin atau pun tema-tema romantis lainnya. Ciri pada mawar putih, memiliki harum bunga yang semerbak dan memiliki batang yang berduri namun memiliki permukaan yang licin dan halus.

2. Mawar merah ( Red Rose )
Mawar merah melambangkan romantisme dan cinta kasih yang mendalam terhadap pasangan.
Ciri pada mawar merah, memiliki warna merah menyala dengan bentuk bunganya yang menawan. Selain itu, daunnya memiliki gerigi pada bagian samping dan berduri tajam pada batangnya.

3. Mawar kuning ( Yellow Rose )
Mawar kuning sering diartikan sebagai ungkapan rasa cemburu, namun ada juga yang berpendapat bahwa warna kuning melambangkan persahabatan dan keceriaan. Sayangnya, tanaman ini hanya bisa dijumpai di tempat-tempat tertentu saja. Ciri umum tanaman ini sama seperti mawar putih.

4. Mawar Tanah ( Rose Groud )
Mawar tanah sepertinya masih sangat awam terdengar ditelinga, karena tanaman ini pertumbuhannya masih jarang dan masih sulit ditemui. Ciri yang bisa diketahui dari tanaman mawar tanah adalah warna yang dimiliki merah dan putih, batangnya memiliki permukaan halus dan licin serta berkembang biak dengan cara merambat.

Jangan Asal! Temukan Jenis-jenis Bunga yang Cocok dengan Karakter Pribadi Mu Di Sini

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah