•  

logo


KPK Panggil Cak Imin Usai Deklarasi Capres-Cawapres, NasDem: Ini Tidak Murni Hukum

NasDem menegaskan bahwa koalisinya akan fokus memenangkan pasangan Anies-Cak Imin di Pilpres 2024.

6 September 2023 07:46 WIB

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar instagram/official_nasdem

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua DPP Partai NasDem Effendy Choirie (Gus Choi) mengaku curiga dengan langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang memanggil Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) usai deklarasi capres-cawapres. Menurutnya, langkah yang diambil KPK bukan murni persolan hukum.

"Pertama, kita tidak otomatis mengatakan ditunggangi, tapi punya persepsi bahwa kita curiga ini langkah KPK ini tidak murni hukum," kata Gus Choi di NasDem Tower, Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Bukan tanpa alasan, ia mengatakan demikian karena kasus dugaan korupsi di lingkungan Kemnaker terjadi pada tahun 2012 namun pemanggilan Cak Imin sebagai saksi dilakukan usai dideklarasikan menjadi cawapres Anies Baswedan.


Ogah Dukung Anies-Cak Imin di Pilpres 2024, Yenny Wahid: Kami Komunikasi dengan Prabowo dan Ganjar

"Dan ketika kita punya persepsi atau asumsi seperti itu Insya Allah kami tidak salah karena dia mengumumkan, memeriksa Cak Imin itu persis setelah deklarasi," ujarnya.

Meski demikian, ia menegaskan bahwa koalisinya akan fokus memenangkan pasangan Anies-Cak Imin di Pilpres 2024.

Ia pun menyarakan kepada KPK agar bekerja secara profesional sesuai dengan perturan yang berlaku di lembaga anti rasuah tersebut.

"Tidak atas dasar pesanan elite politik tertentu, kelompok tertentu, atau siapalah tertentu-tertentu lainnya," tandasnya.

Tanggapi Gus Yahya, NasDem: PBNU Nggak Bisa Larang Warganya Tentukan Arah Dukungan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati