logo


Emil Salim Pertanyakan Semangat Transmigrasi

Transmigrasi ternyata bukan soal memindahkan penduduk dari satu tempat ke tempat lainnya

1 Juli 2015 15:48 WIB

Syukron/Jitunews.com
Syukron/Jitunews.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Transmigrasi ternyata bukan soal memindahkan penduduk dari satu tempat ke tempat lainnya. Melainkan merupakan ikhtiar mulai bagaimana cara Untuk memajukan bangsa dan mensejahterakan masyarakat.

"Transmigrasi adalah memindahkan penduduk asal ke tempat lain, namun tetap harus berhubungan dengan nilai hubungan hidupnya," ungkap Emil Salim dalam diskusi publik 'Menggali Makna Transmigrasi Soal Mati-Hidup Bangsa' yang digelar pada, Rabu (1/7) di Hotel Cipta, Pancoran, Jakarta Selatan.

Menurut Emil, sudah saatnya pemerintah mengembalikan peran transmigrasi itu kepada filosofi awal yakni membangun bangsa dan negara.  "Jadi bukan untuk mencari keuntungan semata," katanya.

Emil menyoroti, bahwa apa yang terjadi di Papua sekarang ini transmigrasi banyak didominasi oleh penduduk pendatang. "Kaum pendatang itulah yang kemudian mendominasi kehidupan ekonomi setempat sehingga penduduk asli Papua jadi terpinggirkan," katanya.

Emil Salim, sebagai pakar lingkungan hidup dan seorang begawan ekonomi tampil sebagai pembicara pertama. Dalam diskusi itu, hadir juga pembicara seperti mantan Menteri Negara Perumahan Rkayat Indonesia Siswono Yudo Husodo, dan mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno  .

Nantinya, hasil diskusi bakal diserahkan kepada Presiden Joko Widodo Untuk kemudian ditunggu tindak lanjutnya. Berharap kedepan, semangat Transmigrasi bisa benar-benar menghidupkan Dan membangun kesejahteraan bagi kehidupan bangsa.

Tahun Depan, Pemerintah Bangun 47 Pembangkit Diesel

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah, Vicky Anggriawan