•  

logo


Wacana Larangan Haji Lebih dari Sekali, Muhadjir Sarankan Umrah Jika Kangen

Muhadjir mengatakan bahwa umrah bisa dilakukan setiap saat

27 Agustus 2023 14:49 WIB

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy Kemenko PMK

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menko PMK, Muhadjir Effendy, bicara tentang wacana larangan haji lebih dari sekali. Muhadjir menyarankan orang yang kangen dengan Tanah Suci bisa melakukan umrah.

"Kalau kangen, itu bisa ikut haji kecil, umrah itu haji kecil. Bedanya cuma nggak wukuf aja, yang lain sama," ujar kata Muhadjir di Kemenko PMK, Minggu (27/8).

Muhadjir mengatakan bahwa umrah bisa dilakukan setiap saat. Muhadjir mengatakan bahwa tidak dilakukan pembatasan bagi masyarakat yang ingin umrah.


Soal Polusi Udara, Menko PMK Desak Kepala BNPB untuk Cari Alternatif Rekayasa Cuaca

"Sebetulnya sudah ada sejak dulu, Rasulullah juga menyarankan umrah, itu termasuk haji kecil. Jadi kalau kangen, itu umrah. Kalau itu nggak dibatasi, tiap bulan juga boleh," jelasnya.

Muhadjir menjelaskan alasan wacana larangan haji lebih dari sekali. Muhadjir mengatakan bahwa peminat haji di Indonesia banyak sekali.

"Peminat haji di Indonesia itu luar biasa, banyak sekali. Kalau tidak ada kebijakan melarang mereka yang sudah haji, untuk berkali-kali, maka peluang untuk yang lain yang belum berangkat bisa berhaji itu kecil," kata Muhadjir

"Kemudian masa tunggunya juga lama, semakin lama yang berangkat haji semakin, berumur, semakin tua, dan itu berisiko," tambahnya.

Soal Jadi Cawapres Prabowo Subianto, Muhadjir Effendy: Belum Sampai Berpikir Begitu

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata