•  

logo


Jokowi Beri Penjelasan soal Baju Adat Keraton Surakarta yang Dikenakan saat Upacara HUT ke-78 RI

Baju yang dikenakan Jokowi saat upacara peringatan HUT ke-78 RI disebut Ageman Songkok Singkepan Ageng.

17 Agustus 2023 11:08 WIB

Jokowi mengenakan baju adat dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat saat peringatan HUT ke-78 RI.
Jokowi mengenakan baju adat dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat saat peringatan HUT ke-78 RI. instagram/jokowi

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) biasa mengenakan baju adat nusantara dalam perhelatan besar, tak terkecuali upacara HUT RI.

Pada peringatan kemerdekaan ke-78, Jokowi memakai baju adat dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Baju itu disebut Ageman Songkok Singkepan Ageng dan acapkali digunakan raja dari Keraton Surakarta.

"Ageman ini dipakai oleh Para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar soho Tedhak Loji, yang artinya saat di mana Raja keluar dari Keraton dengan menaiki kereta kuda, diikuti dengan perangkat keraton untuk terjun langsung melihat kondisi kawulo/masyarakat," kata Jokowi kepada wartawan sebelum upacara HUT RI di Istana, Jakarta Pusat, Kamis (17/8/2023).


Kumpulan Link Twibbon HUT ke-78 RI

Eks Wali Kota Solo itu menerangkan, sebagai bentuk cinta dan syukur, Raja Pakubuwono sering membagikan rezeki kepada masyarakat saat mengenakan baju tersebut.

"Dalam pelaksanaannya, di sepanjang jalan, Sang Raja membagikan uang dan makanan sebagai rasa cinta kasih kepada kawulonya atau bisa disebut dengan Turuba," jelasnya.

Tak hanya dalam peringatan HUT RI, Jokowi kerap mengenakan baju adat nusantara dalam acara nasional lainnya. Saat menghadiri Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD RI tahun 2023 di Senayan, Rabu (16/8) kemarin , ia memakai baju adat Tanimbar Malulu.

Capaian Pemerintah Dicemooh, Jokowi: Jalan Tol Nggak Bisa Dimakan, Memang!

Halaman: 
Penulis : Iskandar