logo


Pedagang Akui, Kini Harga Bawang dan Cabai Merosot Tajam

Penurunan harga di jelang Lebaran ini membuat pedagang tak habis pikir

30 Juni 2015 00:00 WIB

Ilustrasi pedagang cabai. (Dok.Jitunews)
Ilustrasi pedagang cabai. (Dok.Jitunews)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Kenaikan harga beragam komoditi pangan selalu saja menjadi bumbu perayaan sebuah hari raya, tak terkecuali menyambut bulan suci Ramadhan kali ini (2015). Meski di awal puasa harga komoditi pangan sempat melonjak, namun menurut Santoso seorang pedagang sayur di Pasar Minggu Jakarta Selatan, setelah memasuki bulan puasa 10 hari pertama harga terus turun, terutama untuk bawang merah dan cabai.

"Harga cabai rawit hijau saat ini turun drastis dari Rp 40.000 per kilogram jadi Rp 20.000 per kilogram. Kemudian cabai keriting hanya Rp 15.000 per kilogram, cabai rawit murah juga cuma Rp 15.000 per kilogram. Bawang Merah pun begitu. Bawang merah sebelum puasa masih Rp 35.000-40.000 per kilogram. Sekarang jual Rp 30.000 per kilogram aja udah susah," ungkap Santoso, dikutip dari detik, Selasa (30/6). 

Menurutnya pola kenaikan harga produk sayur seperti bawang dan cabai tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena ada penurunan harga di pertengahan puasa. "Biasanya naik terus dari awal sampai lebaran. Ini sempat turun," tambahnya heran.


Mendekati Hari-H Lebaran, Pemerintah Diminta Antisipasi Lonjakan Harga Daging

Senada dengan Santoso, Ningsih pedagang sayur yang juga berjualan di Pasar Minggu mengakui adanya penurunan harga untuk komoditi bawang merah dan cabai. 

"Puasa sekarang ini kan pas masanya anak bayaran sekolah juga. Itu pengaruh, daya belinya jadi turun," tambahnya.

Bahkan Ningsih mengatakan, dalam 3 tahun ini selama puasa tak pernah jual bawang merah dengan harga berkisar antara Rp 20.000-25.000 per kilogram. Karena biasanya harga bawang merah selalu di atas Rp 25.000 per kilogram. "Saat ini harga bawang merah saya jual Rp 25.000 per kilogram, padahal sebelum puasa harganya bisa mencapai Rp 40.000 per kilogram," pungkas Ningsih heran. 

 

Pengamat Ragukan Efektivitas Pemanfaatan Kartu Tani

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro