logo


Cara Cerdas Cetak Murai Jawara

Saat ini, burung murai semakin tren diminati sebagai burung kontes

29 Juni 2015 08:37 WIB

Murai memiliki kicauan yang merdu, melodi dan bervariasi, sehingga sering dijadikan sebagai burung kontes. (FOTO : IST/jawarakicau)
Murai memiliki kicauan yang merdu, melodi dan bervariasi, sehingga sering dijadikan sebagai burung kontes. (FOTO : IST/jawarakicau)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Di kalangan pecinta burung, murai dikenal sebagai burung yang cerdas, penampilannya menarik dengan ekor panjang melengkung, warna bulu mencolok kombinasi merah, cokelat, orange tua, putih. Kicauannya merdu, memiliki melodi dan bervariasi, sehingga sering dijadikan sebagai burung kontes. 

Ketenaran burung murai bukan hanya sekadar suaranya yang merdu, namun gaya bertarungnya juga sangat aktraktif. Murai termasuk jenis burung dengan harga yang cukup mahal hingga puluhan juta rupiah karena paling banyak dilombakan. Saat ini burung yang bernama latin Copychus malabaricus ini semakin tren diminati sebagai burung peserta kontes. Semakin banyak hobiis burung kontes, membuat harga jualnya semakin mahal.

Bagi Anda murai mania, jika ingin burung gacoan Anda mencetak titel jawara dalam kontes, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, terutama berkaitan dengan perawatannya saat mabung.


Jurus Jitu Menanam Cabai dalam Polybag

Pertama, pada saat mabung burung harus full kerodong, di buka ketika memberi pakan, mengganti voer serta air minumnya saja selebihnya burung diletakan dalam tempat yang nyaman serta aman, pada saat mabung burung jangan di mandikan dan jangan pula di jemur, karena pada saat mabung pembuluh serta kulit sensisitif dan rapuh karena pergantian bulu.

Selain itu, pemberian extra fooding harus ditingkatkan, misalnya untuk harian pemberian jangkrik sebanyak 7 ekor tingkatkan menjadi 10 ekor per-hari di saat burung mabung, begitu pula pemberian kroto sebaiknya juga ditingkatkan.

Voer dan air minum pun harus di ganti setiap hari, untuk mencukupi asupan gizi pada burung, pemberian multivitamian pun akan sangat menunjang kebutuhan gizi tambahan pada burung, cukup 5 tetes yang dicampurkan dengan air minum burung per-hari dan usahakan untuk diganti setiap harinya dengan yang baru.

Selama beristirahat di dalam ruangan khusus, murai sebaiknya ditemani beberapa burung master seperti burung cililin, cucak jenggot, lovebird dan berbagai burung kecil yang kerap dijadikan burung master, karena pada saat waktu mabung merupakan waktu yang paling tepat untuk memaster.

Gimana, Anda tertarik mencobanya? Semoga berhasil ya!

(Sumber : mediaronggolawe)

Cek! Ini Jurus Jitu Membuat Pestisida Nabati dari Bawang Putih

Halaman: 
Penulis : Riana