•  

logo


Tak Masalah Menteri Daftar Caleg Pemilu 2024, Demokrat: Secara Etika Lebih Elok Jika Mundur

Demokrat menyarankan menteri maju caleg di Pemilu 2024 agar mundur dari jabatannya

13 Mei 2023 08:04 WIB

Kamhar Lakumani
Kamhar Lakumani Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani turut menanggapi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon legislatif (caleg) Pemilu 2024.

Kamhar mengatakan  bahwa tidak ada kewajiban menteri yang mendaftarkan diri sebagai caleg di Pemilu 2024 mundur dari jabatannya. Namun, ia mengingatkan terkait etika.

"Memang tak ada kewajiban bagi menteri yang akan maju nyaleg untuk mundur dari jabatannya. Namun secara etika akan jauh lebih elok jika mundur agar tak menimbulkan polemik di publik dan menghindarkan diri dari potensi terjadinya penyalahgunaan kekuasaan," ujarnya kepada wartawan, Jumat (12/5/2023).


Segera Ditutup, Ini Persyaratan Caleg 2024 dan Dokumen yang Harus Dipenuhi

Ia mengatakan bahwa mundur dari jabatan menteri merupakan pilihan masing-masing individu. Namun, ia mengingatkan bahwa hal itu akan dikontrol oleh publik.

"Tetapi ini menjadi pilihan bagi masing-masing, sifatnya opsional. Kami percaya publik akan melakukan kontrol demokrasi," kata dia.

Diketahui, nama-nama Menteri Kabinet Indonesia Maju yang maju sebagai Caleg di Pemilu 2024 antara lain Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar.

Kemudian Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Ferry Noor, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, dan Menkumham Yasonna Laoly.

Desak Manteri Daftar Caleg 2024 Mundur dari Jabatannya, ICW: Disinyalir Manfaatkan Fasilitas Negara untuk Kampanye Terselubung

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati