logo


Mantap! Proyek Pipa Gas Bel-KIM-KEK Kelar September Nanti

Sampai saat ini, pembangunan proyek pipa gas tersebut sudah mencapai tahapan 72%.

25 Juni 2015 10:47 WIB

Ilustrasi proyek pipa gas. (Ist)
Ilustrasi proyek pipa gas. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anak usaha dari PT Pertamina (Persero) Tbk, yakni PT Pertamina Gas (Pertagas) Tbk memastikan, bahwa proyek pembangunan pipa gas open access baru, untuk ruas Belawan–Kawasan Industri Medan (KIM)–Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) atau (Bel-KIM-KEK) akan rampung pada bulan September 2015 nanti.

Presiden Direktur Pertagas, Hendra Jaya mengungkapkan, bahwa sejak Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking proyek tersebut pada 27 Januari 2015 lalu, saat ini kemajua dari proyek penanaman pipa tersebut sudah mencapai 72%.

"Progres pekerjaan proyek hingga pertengahan Juni ini telah mencapai 72%. Kami targetkan selesai pada September 2015,” ungkap Hendra kepada wartawan baru-baru ini, Medan, Sumatera Utara.


Bersinergi, Pertagas dan Petro Muba Garap Kilang LPG

Ruas Belawan-KIM rencananya akan dibangun dengan menggunakan pipa berdiameter 18 inchi dengan kapasitas 89 Million Standard Cubic Feet per Day (mmscfd). Sementara ruas KIM–KEK dengan menggunakan pipa berdiameter 12 inchi memiliki kapasitas 40 mmscfd.

Oleh karena itu, Pertagas merasa optimis, bahwa percepatan pembangunan pipa transmisi open access sepanjang 138 km ini akan berjalan lancar dan sesuai rencana. Seperti diketahui, pembangunan ruas pipa tersebut merupakan langkah lanjutan menyusul mulai beroperasinya Terminal Penerimaan dan Regasifikasi LNG Arun dan Pipa Arun–Belawan.

Selain memaksimalkan fasilitas regasifikasi Arun, menurut Hendra, pembangunan jalur pipa tersebut juga sekaligus memberikan kepastian mengenai terjaminnya pasokan gas bagi sektor industri di sekitar Sumatera Utara.

"Dengan tersedianya terminal regasifikasi maka sumber suplai gas menjadi semakin banyak dan tidak mengandalkan pasokan gas sekitar lokasi pipa gas," pungkas Hendra.

Sedangkan untuk mendistribusikan gas ke KIM dan KEK, Pertagas menugaskan anak perusahaannya, yaitu PT Pertagas Niaga. Selain untuk industri gas, gas untuk di wilayah KEK juga disiapkan untuk memenuhi potensi konsumen lainnya yakni pembangkit listrik atau Independet Power Producer (IPP).

Gunakan GasMin, Industri Kecil di Sidoarjo Mampu Tingkatkan Omset Secara Efektif

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin