logo


Ruhut Yakin Jokowi Tolak Dana Aspirasi

Jokowi lebih mengutamakan rakyat jadi pasti melakukan hal yang sama dengan SBY, yakni menolak dana aspirasi.

24 Juni 2015 00:00 WIB

Ruhut Sitompul. (ist)
Ruhut Sitompul. (ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ruhut Sitompul meyakini bahwa Jokowi bakal menolak dana aspirasi. Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat itu berpandangan jika Jokowi memiliki kemiripan sikap dengan Susilo Bambang Yudoyono (SBY), yang pernah menolak dana aspirasi saat menjadi presiden.

"Saya kenal Pak Jokowi kara saya bagian dari tim sukses beliau. Pak Jokowi selalu mementingkan rakyat. Karena beliau adalah presiden kedua RI yang dipilih langsung rakyat," sahut Ruhut di Kompleks Parlemen, Rabu (24/6). 

Sikap Partai Demokrat sendiri, seperti yang disampaikan Ruhut, bakal menolak dana aspirasi jika lima poin yang diusulkan tidak dipenuhi. Ruhut juga bercerita bahwa, sejak rapat paripurna, sebetulnya Demokrat juga telah menolaknya.


SBY Berdoa di Twitter, Demokrat: Sebagai Orang Tua yang Punya Tanggung Jawab

Ruhut berkilah jika partai pimpinan SBY itu tidak diberikan kesempatan untuk menyampaikan interupsi. Selain percaya, Ruhut pun bakal mendesak Jokowi agar menolak Usulan Program Pembangunan Daerah Pemilihan (UP2DP).

"Kami tunggu bola ini dari pemerintah. Pak Andi Widjajanto Seskab menyebut, pemerintah belum bersikap," ujarnya.

Dalam rapat paripurna kemarin, Demokrat justru berada bersama enam fraksi lain yang mendukung dana aspirasi. Ketua Badan Legislasi DPR Sareh Wiryono membacakan nama tujuh fraksi yang mendukung dan tidak ada upaya interupsi dari Fraksi Partai Demokrat (F-PD).

Akhirnya, tiga fraksi yang menolak dana aspirasi ini, yakni PDI-P, Nasdem, dan Hanura, kalah suara. Pimpinan sidang Fahri Hamzah pun mengetuk palu sidang dan mengesahkan peraturan mengenai dana aspirasi.

Apresiasi Sikap Pramono dan Luhut, Demokrat: Gentle

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah, Vicky Anggriawan