logo


Afrika, Ini Daun Berkhasiat!

Diyakini daun ini bisa menyembuhkan penyakit mulai dari stroke, diabetes hingga hipertensi

24 Juni 2015 09:37 WIB

Daun afrika. (Ist)
Daun afrika. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Daun afrika, dari namanya saja mungkin Anda akan berpikir tanaman ini berasal dari benua Afrika. Padahal, negara asal tanaman ini berasal dari Tiongkok, Cina lho!

Tanaman ini mungkin masih terdengar asing, kenapa dinamakan demikian pun belum ada literatur yang menjelaskan, bahkan nama ilmiah tanaman ini belum ada. Namun, kehebatan tanaman ini sudah terkenal sejak dulu, terlebih di negeri asalnya. Diyakini, tanaman ini bisa menyembuhkan penyakit mulai dari stroke, diabetes hingga tekanan darah tinggi. 

Di Indonesia sendiri, tanaman ini sudah banyak ditanam di dataran rendah seperti Tangerang, Jakarta, dan Medan.


Ciplukan Bisa Sembuhkan Stroke? Ini Kata Dokter Ahli

Nah, jika Anda sedang mencari obat herbal yang alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit, daun ini bisa menjadi alternatif. Berbagai penelitian menemukan jika daun afrika selatan atau daun afrika ini memiliki banyak khasiat dan kegunaan bagi kesehatan, mulai dari menyembuhkan stroke, diabetes hingga tekanan darah tinggi. 

Cara mengolah daun afrika sebagai obat herbal tersebut antara lain :

  • 1 lembar daun segarnya dikunyah dan diminum airnya setiap hari
  • 3-5 lembar daun afrika selatan diseduh dengan air panas
  • 1-2 sdm daun kering diseduh dengan air panas diminum 3 kali sehari

Bagi penderita diabetes, hipertensi dan lainnya, mempunyai tanaman daun ini di rumah tentu merupakan kebutuhan sangat penting. Hal ini tidak hanya untuk menjamin ketersediaan herbal yang memang sangat dibutuhkan, tetapi secara perlahan juga menghilangkan ketergantungan dengan pengobatan lain yang mungkin cukup mahal biayanya.

Penanaman tumbuhan daun afrika ini tergolong sangat mudah. Anda tinggal potong batangnya, ditancapkan dan hidup. Apalagi bila potongan batang disimpan dahulu di tempat persemaian sampai keluar akarnya. 

Semoga bermanfaat ya!

Obati Gagal Ginjal dengan Daun Sukun

Halaman: 
Penulis : Riana