•  

logo


Ini Doa Ziarah Kubur Sebelum Puasa Ramadhan Sesuai Sunah Nabi Muhammad SAW

Berikut doa ziarah kubur sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW yang perlu kamu ketahui

18 Maret 2023 11:06 WIB

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi Twitter @jokowi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Berikut doa yang harus dibaca ketika ziarah kubur sebelum Puasa Ramadhan sesuai sunah Nabi Muhammad SAW yang perlu kamu ketahui.

Ziarah kubur sebelum Puasa Ramadhan menjadi tradisi yang sudah dilakukan sejak turun temurun. Oleh karena itu, tidak heran banyak umat Islam yang mencari doa yang harus dibaca ketika ziarah kubur sebelum Puasa Ramadhan sesuai sunah Nabi Muhammad SAW.

Perlu diketahui bahwa ziarah kubur merupakan aktivitas mengunjungi makam orang yang sudah meninggal, baik itu ulama maupun keluarga yang sudah meninggal seperti orang tua.


Kumpulan Link Twibbon Ramadhan 2023 Desain Menarik, Yuk Pilih dan Unggah di Sosmedmu!

Dilansir dari buku Fiqih Doa da Dzikir Jilid 2 oleh Syaikh Abdurrazaq disebutkan bahwa ziarah kubur awalnya dilarang karena keimanan umat muslim saat itu belum kokoh. Dikhawatirkan umat muslim mencontoh ucapan dan kebiasaan orang jahiliyah saat mengunjungi makam.

Kemudian Nabi Muhammad SAW menganjurkan ziarah kubur dengan tujuan kebaikan. Hal itu sesuai hadits Nabi yang diriwatkan oleh HR Muslim dari Aisyah RA.

"Sungguh Jibril datang kepadaku dan berkata, 'Rabbmu memerintahkanmu untuk datang kepada penghuni Baqi, dan memohonkan ampunan untuk mereka'." Aisyah berkata, "Aku berkata, 'Bagaimana yang aku ucapkan untuk mereka wahai Rasulullah?"

Doa Ziarah Kubur Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

Berikut doa ziarah kubur sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW yang perlu kamu ketahui sebagaimana hadits yag diriwayatkan oleh Buraidah bin Al Hashib RA:

Assalaamu 'alaykum 'ala ahlid diyaari minal mu'miniina wal muslimiin wa innaa in syaa Allahu bikum lalahiquun wa asalu Allahu lanaa wa lakumul 'aafiyah

Artinya: 'Salam atas kamu wahai penghuni pemukiman yang terdiri dari kaum Mukminin dan kaum Muslimin, dan sungguh kami-Insya Allah-benar-benar akan menyusul kamu. Aku mohon kepada Allah untuk kami dan kamu afiat." (HR An-Nasa'i).

Demikianlah doa yang harus dibaca ketika ziarah kubur sebelum Puasa Ramadhan sesuai sunah Nabi Muhammad SAW. Semoga bermanfaat.

Tata Cara Ziarah Kubur Sebelum Puasa Ramadhan Beserta Doanya

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati