•  

logo


Tips Kuat Puasa Selama Ramadan, Hindari 5 Hal Ini saat Kamu Sahur

Hindari kebiasaan yang berpotensi melemaskan tubuh ketika berpuasa.

8 Maret 2023 17:50 WIB

ilustrasi
ilustrasi yesdok.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Puasa tak sekadar menahan lapar, haus, dan hawa nafsu. Dari sisi kesehatan, puasa dinilai memberi banyak manfaat, seperti meningkatkan kinerja pencernaan hingga melambatkan penuaan.

Ketika puasa, orang yang menjalankannya hanya makan-minum ketika sahur dan berbuka. Adapun sahur dianjurkan selama bulan Ramadan agar tubuh tetap berenergi saat berpuasa.

Kendati begitu, ada beberapa hal yang harus digarisbawahi, bahkan dicoret ketika sahur. Hal ini demi tubuh yang prima dan tak mudah lemas di sepanjang puasa. Melansir detikhealth, ini kebiasaan tak sehat yang sebaiknya dihindari saat sahur.


Link Download Jadwal Buka Puasa 2023 dan Imsakiyah di Seluruh Indonesia, Dijamin Lengkap!

- Konsumsi Kafein

Ada baiknya bila kebiasaan minum kopi dikurangi selama bulan Ramadan, terutama saat sahur. Kandungan kafein dalam kopi bisa membuatmu banyak buang air kecil sehingga lebih cepat mengalami dehidrasi. Selain itu, kafein dapat menyebabkan sakit perut dan gelisah.

- Makan Berlebihan

Seolah memperbanyak makan saat sahur membuat tubuh lebih kuat saat menjalankan puasa. Namun, tak seperti yang dibayangkan, makan terlalu banyak ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Seseorang yang makan terlalu banyak ketika sahur berpotensi mengalami perut kembung. Parahnya, pencernaan dapat terganggu.

- Terlalu Banyak Makanan Asin

Mengonsumsi makanan asin terlalu banyak ketika sahur dapat memicu rasa haus sepanjang hari. Alhasil tubuh jadi gampang lemas. Sebaiknya kurangi konsumsi makanan tinggi garam supaya tubuh menghindarkan haus luar biasa saat berpuasa.

- Terlalu Banyak Cairan

Memang, kebutuhan cairan harus dicukupi agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Namun, perlu dicatat, minum air berlebihan ketika sahur bukan langkah yang tepat. Justru hal ini akan memicu naiknya asam lambung dan mengakibatkan retensi urine.

Selama bulan puasa, gunakan rumus 2-4-2, yakni 2 gelas saat berbuka, 4 gelas sebelum tidur, dan 2 gelas ketika sahur.

- Tidur Setelah Makan Sahur

Mengutip detikHealth, tidur setelah makan sahur dapat memicu GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). GERD adalah penyakit pencernaan akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan. Selain itu, tidur usai makan sahur juga menimbulkan potensi sakit tenggorokan dan sembelit.

Kelima hal di atas adalah kebiasaan tak sehat yang semestinya dihindari ketika sahur. Semoga bermanfaat dan ibadah puasanya lancar.

Jaga Produktivitas, Ini Tips Anti Lemas Saat Berpuasa

Halaman: 
Penulis : Iskandar