•  

logo


Jaga Produktivitas, Ini Tips Anti Lemas Saat Berpuasa

Menjalankan puasa yang sehat justru bisa berimbas baik bagi tubuh.

8 Maret 2023 13:19 WIB

Ilustrasi tips anti lemas saat berpuasa
Ilustrasi tips anti lemas saat berpuasa pixabay/mohamed_hassan

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Tak jarang keluhan lemas ditemukan pada orang-orang yang berpuasa saat Ramadan. Jika karena dehidrasi, biasanya lemasnya tubuh disertai gejala lain, seperti haus berlebihan, kulit kering, hingga sakit kepala.

Dilansir dari Alodokter, puasa yang dilakukan dengan cara yang tepat sebenarnya bisa mengurangi rasa lelah. Menjalankan puasa yang sehat bisa berimbas baik bagi tubuh, seperti peningkatan kualitas tidur.

Terdapat sejumlah upaya agar tubuh tidak lemas saat puasa, sehingga pekerjaan dapat dilakoni seperti biasanya.


Ramadan Kian Dekat, Israel Perintahkan Polisi Terus Hancurkan Rumah Warga Palestina yang Dicap Ilegal

- Susun Pola Tidur

Salah satu kunci utama agar tidak lemas saat puasa adalah menjalankan pola tidur yang baik. Sebaiknya hindari begadang dan tidur sekitar 4 jam setiap malam.

Jika masih ngantuk, tidur setelah salat Subuh tak masalah. Selain itu, menyisihkan waktu untuk tidur siang selama 20 menit juga dianjurkan.

- Atur Pola Makan

Usahakan sahur dan berbuka puasa dengan makanan-makanan bernutrisi seimbang, mulai dari karbohidrat kompleks, protein, vitamin, hingga mineral. Jenis makanan yang disarankan adalah daging, gandum, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan tahu.

Makanan sehat dan bergizi bisa memperkuat imun tubuh sehingga tak mudah lemas ketika berpuasa. Dan perlu dicatat, hindari melahap makanan secara berlebihan.

- Cukupi Cairan Tubuh

Upayakan minum air mineral sebanyak 2–3 liter atau 8 gelas setiap harinya. Selama bulan puasa, pola ini bisa diterapkan, yakni 2 gelas saat berbuka, 4 gelas sebelum tidur, dan 2 gelas ketika sahur.

- Rutin Olahraga

Bila dilakukan dengan benar, olahraga saat puasa bisa menguatkan otot tubuh dan membuat seseorang jadi lebih berenergi. Pilih jenis olahraga yang intensitasnya rendah, seperti jalan kaki, bersepeda hingga yoga.

- Konsumsi Suplemen

Mengonsumsi suplemen bisa dipertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi maupun mencegah tubuh lemas saat puasa. Sebaiknya konsultasi dengan dokter mengenai suplemen yang akan dipakai.

Jenis vitamin yang menambah daya tahan tubuh itu antara lain vitamin D, vitamin B12, zat besi, dan kalsium. Suplemen kombinasi vitamin C dan Zinc juga perlu dipertimbangkan.

Sekian informasi mengenai tips anti lemas saat berpuasa. Semestinya puasa tidak menjadi alasan untuk menurunkan produktivitas. Selamat menjalankan ibadah dengan sukahati!

Puan Minta Pemerintah Stabilkan Harga Bahan Pokok Jelang Ramadan

Halaman: 
Penulis : Iskandar