•  

logo


Jakarta Dikepung Banjir, BPBD DKI Ingatkan Warga untuk Waspada

Berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta per Senin (27/2) pukul 09.00 WIB, terdapat 48 RT yang tergenang banjir.

27 Februari 2023 11:34 WIB

Banjir di Pela Mampang, Jakarta
Banjir di Pela Mampang, Jakarta ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Banjir kembali mengepung DKI Jakarta pada Senin, 27 Februari 2023.

Hujan lebat yang mengguyur DKI membuat sejumlah daerah tergenang air dan menyebabkan lalu lintas lumpuh.

Berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta per Senin (27/2) pukul 09.00 WIB, terdapat 48 RT yang tergenang banjir.


Pengendali Banjir Jakarta Ditargetkan Rampung 2024, Menteri PUPR Dampingi Presiden Jokowi Tinjau Normalisasi Sungai Ciliwung

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 24 RT, saat ini menjadi 1 ruas jalan tergenang dan 48 RT atau 0,158 % dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," demikian keterangan BPBD DKI Jakarta, Senin (27/2/2023).

BPBD DKI Jakarta menyebut tinggi genangan di 48 RT tersebut bervariasi. Paling rendah yakni 20 cm di Keluarahan Tegal Alur Jakarta Barat, sementara genangan air paling tinggi yakni mencapai 130 cm di Kelurahan Cawang, Jakarta Timur.

Warga pun dihimbau berhati-hati dan waspada dengan potensi genangan banjir. BPBD DKI berkoordinasi dengan dinas terkait akan melakukan penyedotan genangan.

"Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat. BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan," kata BPBD DKI.

BPBD DKI juga mengingatkan kepada warga agar bisa melapor apabilla berada dalam keadaan darurat. Layanan bantuan beroperasi selama 24 jam non stop.

"Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop," sambungnya.

Banjir Kepung Pasar Jagal Mampang Jakarta Selatan, Genangan Air Hingga 50 Cm

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati