•  

logo


Datangi Gedung IPHI Sindangwangi, Kiai Maman Salurkan Bantuan dan Beri Edukasi Kelegislasian

Kiai Maman menyalurkan bantuan untuk pembangunan gedung IPHI Sindangwangi, Majalengka.

19 Februari 2023 14:26 WIB

Maman Imanulhaq tinjau pembangunan gedung IPHI Sindangwangi, Minggu (19/2).
Maman Imanulhaq tinjau pembangunan gedung IPHI Sindangwangi, Minggu (19/2). Dok. Jitunews

MAJALENGKA, JITUNEWS.COM — Memasuki masa reses pada Persidangan III Tahun Sidang 2022-2023, anggota DPR RI, KH Maman Imanulhaq mengunjungi sejumlah lokasi untuk memberikan edukasi tentang kelegislasian, sekaligus menyerap aspirasi masyarakat.

Pada Minggu (19/2) siang, tokoh yang karib disapa Kiai Maman itu menyambangi Kecamatan Sindangwangi untuk memenuhi undangan dari pengurus Ikatan Persaudaraan haji Indonesia (IPHI) Sindangwangi.

Kedatangan Kiai Maman ke Sindangwangi juga sekalian meninjau pembangunan gedung IPHI yang masih belum rampung. Ia pun menyerahkan sejumlah bantuan kepada pengurus IPHI untuk penyelesaian pembangunan gedung tersebut.


Sebut Vonis Richard Eliezer 1,5 Tahun Adil, DPR: Sebenarnya Juga Dilindungi oleh UU

"Tentu kita semua berharap agar pembangunan gedung yang akan dimanfaatkan untuk publik ini dapat cepat selesai, dan nantinya kehadiran gedung IPHI ini bisa memberikan kontribusi yang besar bagi kegiatan masyarakat sekitar," kata Kiai Maman kepada wartawan.

Di sana, politisi PKB itu pun tak lupa memberikan edukasi tentang proses penetapan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) dan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2023 yang baru diketok beberapa waktu lalu.

Kiai Maman pada saat yang sama juga memberikan alasan rasionalisasi kenaikan Bipih sekitar Rp14 juta ketimbang tahun 2022 lalu.

Pengasuh Ponpes Al Mizan Jatiwangi itu menerangkan, penetapan BPIH dan Bipih dilakukan melalui proses politik yang cukup panjang sejak usulan Bipih dan BPIH yang disampaikan Kementerian Agama RI, kemudian Komisi VIII DPR membentuk Panitia Kerja (Panja) Haji.

Kenaikan Bipih, kata Kiai Maman, tak terelakkan lagi meski sejumlah komponen biaya telah dilakukan efisiensi dan Panja Haji telah menyisir seluruh komponen biaya.

"Namun demikian penetapan ini patut diberikan apresiasi karena sangat produktif dan mampu menekan berbagai komponen biaya, sehingga dari usulan Kemenag yang disampaikan, biaya perjalanan haji bisa turun cukup signifikan," ujar Kiai Maman kepada para pengurus IPHI.

Biaya Haji 2023 Rp49,8 Juta, Legislator PKB Sebut Calon Jemaah Lunas Tunda 2020 Tak Tambah Biaya

Halaman: 
Penulis : Iskandar