•  

logo


Gibran Disebut Cocok Maju Pilgub Jateng Ketimbang Jakarta, Pakar: Tidur Saja Bisa Menang

Pakar menyebut Gibran memiliki peluang menang di Pilgub Jateng karena memiliki basis massa PDIP atau kandang banteng

21 Januari 2023 09:00 WIB

Gibran Rakabuming Raka (kiri) saat membuka POPDA Surakarta 2022 di Lapangan Sriwedari, Solo, Selasa (17/10).
Gibran Rakabuming Raka (kiri) saat membuka POPDA Surakarta 2022 di Lapangan Sriwedari, Solo, Selasa (17/10). Dok. Prokompim Pemkot Solo

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno turut menanggapi pernyataan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang menyatakan siap maju Pilgub 2024 apabila ditugaskan oleh PDIP. Menurutnya, Gibran akan lebih kuat maju di Pilgub Jawa Tengah (Jateng) daripada di DKI Jakarta.

Awalnya, ia mengatakan bahwa Gibran merupakan kader PDIP yang loyal dan tegak lurus kepada partai. Oleh karena itu, ia menyebut Gibran bisa saja maju di Pilgub Jateng maupun DKI Jakarta tergantung mandat dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Pertama, dari segi partai, Gibran maju di pilkada DKI atau Jateng semua sangat tergantung Megawati sebagai Ketum PDIP. Apapun judulnya, Gibran kader PDIP yang mesti loyal dan tegak lurus ke penugasan partai. Ini mutlak tak bisa diganggu gugat," kata Adi kepada wartawan, Jumat (20/1/2023).


Ngaku Siap Jika Diminta Maju Pilgub, Gibran: Bukan Berarti Saya Punya Ambisi

Meski demikian, ia menyebut Gibran memiliki peluang menang di Pilgub Jateng karena memiliki basis massa PDIP atau kandang banteng. Sementara di Pilgub DKI Jakarta, kata dia, penuh dengan kejutan.

"Secara statistik, Gibran jauh lebih kuat maju di Jateng ketimbang Jakarta. Selain Gibran memang sudah populer, Jateng juga 'kandang banteng'. Tanpa mendahului kehendak Tuhan, 'tidur saja' Gibran bisa menang di Jateng ketimbang di Jakarta yang dipenuhi semak belukar politik yang selalu memberikan kejutan tak terduga, banyak orang kuat kalah," bebernya.

Meski demikian, ia menegaskan bahwa Gibran akan maju di Pilgub Jateng ataupun DKI Jakarta tergantung penugasan dari PDIP.

"Tapi, di PDIP semua serba penugasan partai. Sekalipun dari berbagai segi Gibran lebih cocok di Jateng misalnya, tapi kalau ditugaskan maju di Jakarta oleh PDIP, tentu itu menjadi mandat yang tak akan bisa ditolak Gibran," pungkasnya.

Sebut Gibran Pekerja Keras, PAN Siap Dukung Jika Maju Pilgub

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati