•  

logo


Ini Hadist Nabi Soal Tanah Arab Saudi Menghijau, Benarkah Pertanda Kiamat?

Fenomena tanah Arab Saudi menghijau mendapatkan banyak tanggapan. Ada yang takjub karena terlihat indah, namun ada yang menyebut sebagai pertanda kiamat.

19 Januari 2023 09:52 WIB

Fenomena tanah Arab Saudi menghijau disebut tanda kiamat
Fenomena tanah Arab Saudi menghijau disebut tanda kiamat ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Berikut hadist Nabi Muhammad SAW terkait tanah Arab Saudi menghijau yang dapat Anda simak.

Masyarakat dunia belum lama ini digegerkan dengan fenomena tanah Arab Saudi menghijau. Daratan dan pegunungan yang biasanya tandus, beberapa waktu lalu terlihat menghijau.

Fenomena tanah Arab Saudi menghijau mendapatkan banyak tanggapan. Ada yang takjub karena terlihat indah, namun ada yang menyebut sebagai pertanda kiamat.


Arif Wibowo Resmi Pimpin Garuda Indonesia

Lantas apa benar tanah Arab Saudi menghijau sebagai pertanda kiamat?

Rupanya, orang-orang yang menyebut tanah Arab Saudi menghijau sebagai pertanda kiamat berpijak pada hadis Nabi berikut.

"Kiamat tidak akan terjadi sampai harta menjadi banyak, hingga seseorang keluar membawa zakat lalu tidak menemukan orang yang sah untuk menerimanya, dan sampai bumi Arab kembali menjadi tanah lapang penuh tumbuhan dan sungai-sungai mengalir." (Hr Muslim, Shahih Muslim, juz II, halaman 70).

Dilansir dari laman resmi NU Online, Imam Nawawi menjelaskan maksud hadist diatas  yang dikaitkan dengan fenomena tanah Arab Saudi menghijau.

"Makna tanah Arab menjadi ladang yang hijau, wallahu a'lam, adalah orang-orang yang meninggalkannya, tidak ditanami dan disirami dari sungai-sungainya. Demikian itu sebab jumlah kaum lelaki sedikit, banyaknya peperangan dan kerusuhan, dekatnya kiamat, minimnya harapan, dan tidak ada waktu untuk mengurus hal tersebut". (An-Nawawi, Syarh Shahih Muslim, juz VII, halaman 97).

Sementara Imam Al Qurthubi sebagamana dinukil oleh Imama As Suyuthi menjelaskan hadist di atas yang berbeda dengan penjelasan An-Nawawi.

"Maksud hadits di atas adalah keinginan orang Arab Saudi telah beralih dari yang sebelumnya meminta pertolongan dan berpindah-pindah tempat karena banyak peerangan dan serangan, mereka menjadi enggan melakukan itu semua, lalu mereka menyibukan diri dengan bercocok tanam dan mengalirkan air-air sungai." ( Jalaluddin As-Suyuthi, Syarh Shahih Muslim, juz III, halaman 84).

Demikianlah informasi terkait fenomena Tanah Arab Saudi menghijau yang disebut pertanda kiamat. Apapun sebab tanah Arab Saudi menghijau tidak lantas menjadi tanda mutlak hari kiamat. Hanya Allah SWT yang tahu.

Wahh, Usai RUPS 6 Direksi Garuda Dicopot

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati