•  

logo


Heran Bharada E Dituntut Lebih Tinggi Daripada Putri Candrawathi, Ayah Brigadir J Tunggu Keputusan Hakim

Samuel menyebut Bharada E seharusnya dituntut lebih rendah daripada Putri Candrawathi karena berstatus sebagai justice colaborator

18 Januari 2023 22:33 WIB

Orang tua Yosua
Orang tua Yosua Tangkapan layar YouTube Polri TV Radio

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ayah mendiang Brigadir Nofiransyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Samuel Hutabarat mengaku heran dengan tuntutan hukuman Bharada Richard Eliezer atau Bharada E yang lebih tinggi dibandingkan Putri Candrawathi.

Samuel menyebut Bharada E seharusnya dituntut lebih rendah daripada Putri Candrawathi karena berstatus sebagai justice colaborator. Meski demikian, ia menyerahkan keputusan kepada hakim.

"Jadi, sangat berbeda sekali dengan Putri Candrawathi selaku aktor pembunuhan tersebut. Sedangkan Eliezer adalah juctice colaborator. Tetapi tentu tergantung prerogatif hakim," kata Samuel dalam keterangan resminya, Rabu (18/1/2023).


Dituntut 12 Tahun Penjara, Bharada E Tertunduk Lesu Menahan Tangis

Terlebih Bharada E, kata dia, sudah berjanji kepadanya untuk mengungkap yang sebenarnya terkait kasus pembunuhan berencana terhadap anaknya.

"Saat persidangan dan kami menjadi saksi, di sana dia (Bharada E) meminta maaf. Dan dia berjanji membantu almarhum untuk terakhir kalinya dengan mengungkapkan apa dia lihat di Duren Tiga," ujar dia.

Ia pun meminta semua pihak bersabar menunggu sidang vonis yang akan ditetapkan oleh hakim.

"Keputusannya dari majelis hakim. Mari kita sabar menunggu," urai dia.

Diketahui, Bharada E dituntut 12 tahun penjara dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir J. Hal yang memberatkan hukuman Bharada E yakni bertindak sebagai eksekutor pembunuhan Brigadir J.

Sementara hal yang meringankan Bharada E yakni membongkar kasus  pembunuhan Brigadir J dan menyesali perbuatannya. Berbeda dengan Putri Candrawathi yang dituntut 8 tahun penjara, begitu juga dengan Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf.

Ferdy Sambo sendiri dituntut seumur hidup penjara dengan hal yang memberatkan yakni berbelit-belit dalam menyampaikan keterangan dan tidak menyesali perbuatannya. Jaksa menyebut tidak ada hal yang meringankan untuk Ferdy Sambo.

Bharada E Dituntut 12 Tahun Penjara, Mahfud MD: Secara Teori Bisa Bebas

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati