•  

logo


Dihujat se-Indonesia Gegara Sebut Jokowi Firaun, Cak Nun: Saya Dikasih Ujian Terberat oleh Allah

Alih-alih marah kepada orang yang menghujatnya, Cak Nun memilih untuk bertawakal

18 Januari 2023 10:25 WIB

Emha Ainun Najib alias Cak Nun
Emha Ainun Najib alias Cak Nun istimewa

YOGYAKARTA, JITUNEWS.COM - Budayawan Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun mengaku tidak marah saat dirinya dihujat banyak orang karena menyebut Presiden Joko Widodo seperti Firaun.

Hal tersebut, ia sampaikan saat acara Mocopat Syafaat dan Tawashshulan di Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY, Selasa (17/1/2023).

"Saya tidak marah kepada siapa pun yang menghina saya, yang merendahkan saya. Saya dinesoni wong sak mono okehe, sak Indonesia, sak donya (saya diamuk orang segitu banyaknya, se-Indonesia, sedunia)," kata Cak Nun


Minta Kepala Daerah Blusukan, Jokowi: Sudah Enggak Musim ABS

Alih-alih marah kepada orang yang menghujatnya, Cak Nun memilih untuk bertawakal. Ia menyebut dirinya tengah menjadapat ujian dari Allah SWT.

"Sampai hari ini pun saya bersyukur kepada Allah karena saya tidak punya kebencian kepada mereka semua yang menghina saya, tidak punya. Sampai hari ini. Jadi di puncak kesengsaraan ini saya dikasih ujian terberat oleh Allah. Makanya saya menyebut malam ini kan malam yang sangat khusyuk dan sangat nikmat. Bagi saya ini indah. Ini puncak keindahan," ujarnya.

Ia pun mengaku kesambet saat mengucapkan Jokowi seperti Firaun dalam ceramahnya saat itu. Ia menyebut hal itu diluar kendalinya.

"Moro-moro cangkeme makpecotot (tiba-tiba dari mulut keluar) Firaun, Haman, Qorun, kui. Itu di luar rencana saya dan sama sekali di luar kontrol saya. Maka tadi saya bikin video sama Sabrang, judulnya Mbah Nun Kesambet. Tolong dibaca," tegasnya.

Ngaku Kesambet Sebut Jokowi Seperti Firaun, Cak Nun: Apa Saya Disesatkan Iblis?

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati