logo


Pentingnya Mengganti Polybag Dalam Memelihara Bibit Lada

Bibit lada yang telah over sack harus diganti polybagnya dengan polybag yang berukuran lebih besar lagi

17 Juni 2015 10:12 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemeliharaan bibit selama dalam proses pembudidayaan penting dilakukan mengingat bibit pada kondisi yang masih muda sangat labil akan kondisi lingkungan luar. Bibit lada yang telah over sack harus diganti polybagnya dengan polybag yang berukuran lebih besar lagi. 

Tujuan pergantian polybag adalah agar batang tanaman dapat tumbuh lebih kuat, batang tumbuh kekar, daun rimbun, dan akar tanaman bisa tumbuh lebih lebat lagi. Jika pergantian polybag tidak dilakukan selama bibit belum dilepas ke lahan pembesaran, dikhawatirkan bibit akan mudah layu, pertumbuhan tidak optimal, dan lama-kelamaan bibit akan mati. 

Tidak sulit untuk mengganti polybag kecil ke polybag besar, hanya saja dibutuhkan ketekunan dan ketelitian agar selama proses pergantian polybag bibit yang dipindahkan tidak mengalami kerusakan. Berikut adalah yang harus diperhatikan saat proses pergantian polybag:


Latih Petani Manfaatkan Blotong untuk Pupuk Organik

  • Saat penggantian polybag, bibit jangan langsung di cabut atau ditarik dari polybag asal karena dikhawatirkan akan merusak akar bibit lada yang sudah terbentuk rapi. 
  • Polybag asal harus di sobek terlebih dahulu barulah bibit dikeluarkan dari polybag asal untuk kemudian dipindahkan ke polybag lebih besar. 
  • Komposisi dan penambahan media tanam juga harus seimbang, artinya pencampuran antara tanah dengan pupuk harus pas takarannya. Untuk perbandingan media tanam antara tanah dengan pupuk organik adalah (2:1).

Perhatikan juga penempatan dan pengaturan bibit kedalam polybag yang baru, dengan langkah-langkah berikut 

  • Dasar polybag isi tanah terlebih dahulu dengan takaran setengah dari ukuran polybag 
  • Letakan bibit yang telah dikeluarkan dari polybag asal tadi kedalam polybag baru
  • Timpa dengan menggunakan pupuk kandang sebanyak seperempat dari polybag
  • Kemudian timpa lagi dengan tanah sampai penuh
  • Tekan-tekan bagian tanah di sekeliling bibit agar tampak padat dan rapi karena tanah yang padat juga membantu bibit tumbuh dengan kuat dan tidak mudah patah batangnya

 

Cerahnya Prospek Budidaya Ubi Jepang

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah, Riana