•  

logo


Ukraina Serang Wilayah Rusia, Moskow: NATO Mengetahui Persiapan Serangan

Perwakilan Rusia untuk OSCE mengatakan bahwa NATO sudah tahu jika Ukraina berencana menyerang dua pangkalan militer Rusia yang terletak 500 km dari wilayah perbatasan

8 Desember 2022 19:59 WIB

Drone Tempur
Drone Tempur istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kepala delegasi Rusia untuk Forum Kerjasama Keamanan, Konstantin Gavrilov, pada Kamis (8/12) mengatakan bahwa aliansi pertahanan NATO sebenarnya sudah mengetahui jika Ukraina mempersiapkan serangan terhadap pangkalan militer Rusia di wilayah Saratov dan Ryazan.

Saratov dan Ryazan sendiri merupakan wilayah yang terletak lebih dari 500 kilometer dari wilayah perbatasan Ukraina-Rusia

“NATO mengetahui persiapan serangan Ukraina terbaru di lapangan udara militer Rusia. Kami memberi mereka tanggapan segera dengan serangan besar-besaran pada sistem komando dan kontrol militer, fasilitas kompleks pertahanan, dan fasilitas energi di Ukraina," kata Gavrilov pada pertemuan pleno Forum Kerjasama Keamanan OSCE yang digelar di Wina, Austria.


DPR AS Tolak Resolusi Audit Dana Bantuan untuk Ukraina

Pada hari Senin awal pekan ini, Ukraina sudah melancarkan serangan ke lapangan terbang militer Rusia dengan menggunakan drone tempur buatan Uni Soviet.
Menurut Moskow, sistem pertahanan udara Rusia berhasil meledakkan drone tersebut. Sayangnya, tiga personil tentara tewas dan beberapa lainnya terluka akibat serpihan drone tersebut.

Mengomentari serangan itu, Koordinator Dewan Keamanan Nasional untuk Komunikasi Strategis John Kirby mengatakan bahwa Washington tidak mendorong Kiev untuk melakukan serangan di dalam wilayah Rusia.

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Austin Lloyd, pada Selasa (6/12) mengatakan bahwa pihaknya tidak berusaha mencegah Ukraina mengembangkan kemampuan untuk menyerang wilayah Rusia.

Ia menjelaskan bahwa AS hanya "akan berusaha untuk mempertahankan" dukungan internasional untuk Ukraina.

"Kami tidak berusaha untuk mencegah Ukraina mengembangkan kemampuan mereka sendiri," katanya kepada wartawan.

Presiden Zelensky Bilang Kerusakan Jaringan Energi Ukraina Mustahil Dipulihkan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia