•  

logo


Andil Penting pada Pertumbuhan Ekonomi RI, Warta Ekonomi Beri Penghargaan Best BUMN Awards 2022

Pertumbuhan ekonomi Indonesia tak terlepas dari kontribusi BUMN.

8 Desember 2022 10:20 WIB

CEO & Chief Editor Warta Ekonomi Group, Muhamad Ihsan
CEO & Chief Editor Warta Ekonomi Group, Muhamad Ihsan Warta Ekonomi

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Perekonomian Indonesia terus bergejolak. Secara quartal-to-quartal (qtq) pertumbuhan ekonomi triwulan III-2022 tumbuh melambat yang menunjukkan pola musiman, yakni sebesar 1,81% dari sebelumnya 3,72% pada triwulan II-2022.

Sementara secara year-on-year (yoy), pertumbuhan ekonomi triwulan III-2022 semakin kuat dan menuju arah pemulihan, ditunjukkan dengan laju pertumbuhan yang tercatat sebesar 5,72%. Adapun pada periode yang sama tahun sebelumnya, persentasenya tercatat sebesar 3,51%.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia juga tak terlepas dari kontribusi BUMN. Beberapa waktu lalu, Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan transformasi BUMN diakui oleh dunia internasional. Hal ini tercermin pada peningkatan laba bersih BUMN yang sebelumnya berada di angka Rp13 triliun kemudian melonjak jadi Rp90 triliun.


Ngunduh Mantu Kaesang Pangarep-Erina Gudono 2 Tempat, Erick Thohir: Melibatkan Masyarakat

“Laba BUMN ini adalah berkat hasil transformasi dari BUMN, seperti pemangkasan klaster sehingga labanya meningkat berlipat-lipat,” kata Muhamad Ihsan, Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi, dalam sambutannya di ajang penghargaan Indonesia Best BUMN Awards 2022, Rabu (30/11/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting mengungkapkan kinerja BUMN memang menunjukkan adanya perbaikan setelah pandemi bila dibandingkan dengan kinerja sebelum Covid-19 menyerang.

Sejumlah transformasi yang dilakukan oleh BUMN adalah klasterisasi BUMN dan pembentukan holding BUMN, peningkatan transparansi melalui go public, dan ekspansi usaha ke mancanegara atau go global.

“Diharapkan hal ini menjadi langkah BUMN untuk bangkit dan berkontribusi pada perekonomian Indonesia,” imbuhnya.

Menimbang pentingnya kontribusi BUMN dalam perekonomian negara, Warta Ekonomi memberikan apresiasi kepada BUMN terpilih melalui penghargaan Indonesia Best BUMN Awards 2022. Dengan adanya apresiasi ini, Warta Ekonomi berharap dapat turut mendorong semangat BUMN untuk meningkatkan kontribusi pada perekonomian Tanah Air.

Adapun secara rinci, berikut daftar lengkap BUMN yang menerima Indonesia Best BUMN Awards 2022.

Kategori: Energi, Minyak, dan Gas

- PT Pertamina (Persero) sebagai Best BUMN 2022 with Top Financial Performance and Strengthening Energy Transition

- PT Pertamina Hulu Energi sebagai Best BUMN 2022 with Top Financial Performance and Innovation to Increase Productivity

- PT Pertamina Gas Negara sebagai Best BUMN 2022 with Top Financial Performance and Optimizing Gas Transmission Business

- PT Kilang Pertamina Internasional sebagai Best BUMN 2022 with Top Financial Performance and Integrated Businesses for Renewable Energy Development

- PT Pertamina Patra Niaga sebagai Best BUMN 2022 with Top Financial Performance and Supporting the Distribution of Energy Products

Inilah Pemain Basket Terbaik Satria Muda Pilihan Erick Thohir

Halaman: 
Penulis : Iskandar