•  

logo


Erupsi Semeru Bisa Berimbas ke Okinawa Jepang, Simak Gunung Pemicu Tsunami Dahsyat di Masa Lalu

Letusan Krakatau meluluhlantakkan pesisir sekitar.

5 Desember 2022 15:07 WIB

Miyajima, Jepang
Miyajima, Jepang top.his-usa.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Erupsi Gunung Semeru tak meningkatkan kewaspadaan warga Lumajang dan sekitarnya. Dampak dari letusan gunung ini ternyata berpotensi mencelakai wilayah di luar negeri.

Badan Meteorologi Jepang menilai adanya potensi gelombang tsunami imbas erupsi Gunung Semeru pada Minggu (4/12).  Gelombang tsunami disinyalir bisa menjalar hingga Prefektur Okinawa, meski berada di jarak sekitar 4.125 km.

Dua wilayah di Okinawa yang dianggap sangat rawan terkena tsunami bila Gunung Semeru erupsi yaitu Miyakojima dan Yaeyama.


Imbas Erupsi Semeru, 2 Wilayah Jepang Ini Terancam Tsunami

Tsunami Akibat Letusan Gunung

Dalam catatan sejarah, ada gunung berapi yang letusannya mengakibatkan tsunami dahsyat. Gunung itu adalah Krakatau yang berada di Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan atau di perairan Selat Sunda, antara Pulau Jawa dan Sumatra.

Pada tahun 1883 silam, gelombang yang timbul karena ledakan Krakatau telah menyapu pantai Lampung dan Banten. Sekitar 5000 kapal hancur dan banyak pulau kecil tenggelam.

Dilansir dari laman Kementerian ESDM, gelombang yang diperkirakan setinggi 12 lantai gedung atau 40 meter itu juga menghancurkan hampir 300 perkampungan dan menewaskan lebih dari 36 ribu orang.

Semeru Erupsi, Ini Daftar Ayat Al-Qur'an Tentang Gunung

Halaman: 
Penulis : Iskandar