•  

logo


Imbas Erupsi Semeru, 2 Wilayah Jepang Ini Terancam Tsunami

Dua wilayah itu adalah Miyakojima dan Yaeyama.

4 Desember 2022 20:10 WIB

Miyajima, Jepang
Miyajima, Jepang top.his-usa.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Badan Meteorologi Jepang mewaspadai potensi gelombang tsunami imbas erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur pada Minggu (4/12). Oleh karenanya, aktivitas Semeru terus dipantau.

Menurut Japan Meteorological Agency, gelombang tsunami bisa mencapai Prefektur Okinawa secepat-cepatnya sekitar 05.30 GMT.

Ada dua wilayah di Okinawa yang dinilai sangat rawan bila erupsi Gunung Semeru memicu gelombang tsunami ke kawasan tersebut, yakni Miyakojima dan Yaeyama.


Drama Grup E Piala Dunia 2022: Spanyol Kalah dari Jepang, Jerman jadi Tersingkir

Diketahui, Okinawa merupakan prefektur di bagian paling selatan Jepang. Prefektur ini terdiri dari ratusan pulau yang dinamai Kepulauan Ryukyu. Panjang rantaian kepulauan melebihi 1.000 km.

Selain itu, Prefektur Okinawa jadi rumah dari pangkalan militer Amerika Serikat di Pasifik.

"Sekitar pukul 11.18 waktu lokal letusan besar terjadi pada Gunung Api Semeru. Jika tsunami terjadi oleh erupsi ini dan mencapai perkiraan waktu kedatangannya lebih awal (wilayah Miyakojima/Yaeyama) sekitar pukul 14.30 waktu Jepang pada tanggal 4 Desember," demikian peringatan Badan Meteorologi Jepang.

"Ketinggian gelombang maksimum yang diprediksi belum diketahui," lanjutnya.

Badan Meteorologi Jepang juga menuturkan, setidaknya sampai saat ini, tidak ada perubahan signifikan pada perangkat pengukur pasang-surut terkait tekanan gelombang laut imbas Semeru.

Muntahkan Awan Panas hingga 1.500 Meter, Gunung Semeru Berstatus 'Siaga'

Halaman: 
Penulis : Iskandar