•  

logo


Perancis Bakal Hadapi Pemadaman Listrik selama Musim DIngin, Macron: Jangan Panik!

Presiden Perancis Emmanuel Macron meminta warga masyarakat untuk tidak panik jika terjadi pemadaman listrik selama musim dingin ini

3 Desember 2022 22:25 WIB

Presiden Perancis Emmanuel Macron
Presiden Perancis Emmanuel Macron AP News

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Perancis Emmanuel Macron mengatakan bahwa tidak ada alasan untuk merasa panik tentang kemungkinan pemadaman listrik musim dingin ini. Meski begitu, ia tetap meminta warga Perancis untuk sebisa mungkin menghemat konsumsi energi.

Selain itu, Macron juga meminta perusahaan utilitas listrik negara, EDF, untuk memulai kembali reaktor nuklir untuk mencegah pemadaman selama musim dingin.

Dalam sebuah wawancara dengan stasiun TV Perancis TF1 yang direkam selama kunjungan kenegaraannya ke Amerika Serikat minggu ini, Macron membantah bahwa risiko pemadaman bergilir disebabkan oleh manajemen program restart reaktor nuklir EDF yang tidak memadai.


Negara Barat Berlakukan Batas Harga Minyak Rusia, Moskow: Instrumen Berbahaya

"Pertama-tama, mari kita perjelas: jangan panik! Adalah hal yang sah bagi pemerintah untuk bersiap menghadapi kasus ekstrem, yang berarti memutus aliran listrik, selama beberapa jam per hari jika kita tidak memiliki cukup daya," kata Macron.

EDF telah menghadapi jumlah pemadaman yang belum pernah terjadi sebelumnya di armada reaktor nuklirnya setelah sebelumnya melakukan perbaikan. Mereka mengurangi produksi nuklir ke level terendah selama 30 tahun tepat ketika Eropa tengah berebut untuk mengganti pasokan gas Rusia.

Pada Kamis (1/12) Kepala operator jaringan listrik Perancis RTE mengatakan bahwa negara tersebut mungkin menghadapi "beberapa hari" pemadaman listrik selama musim dingin ini dan pemerintah telah mulai memberi pengarahan kepada otoritas lokal tentang cara menangani pemadaman listrik.

"Ini adalah skenario fiktif, tetapi jika kita semua mematuhi rencana ketenangan yang disampaikan oleh perdana menteri beberapa bulan yang lalu, dan terutama mengurangi konsumsi kita sebesar 10 persen dibandingkan dengan tingkat normal ... dan jika EDF terus bekerja ... maka kita bisa melewati periode ini," kata Macron.

Presiden Komisi Eropa Samakan Perjuangan Irlandia dengan Konflik Ukraina, Inggris Nggak Terima

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia