•  

logo


Wacana Subsidi Motor Listrik, DPR: Timbulkan Kecemburuan Sosial di Masyarakat

Wacana ini hanya akan menguntungkan pihak pengusaha

1 Desember 2022 18:23 WIB


JAKARTA,JITUNEWS.COM- Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto menyebut wacana pemberian subsidi pembelian motor dan mobil listrik terlalu mengada-ada.

"Wacana ini hanya akan menguntungkan pihak pengusaha sementara masyarakat kecil tidak mendapat keuntungan apa-apa," ujar Mulyanto, Kamis (1/12/2022).

Politisi PKS ini minta pemerintah jangan terlalu banyak obral janji soal subsidi ini mengingat anggaran negara sedang tidak baik-baik saja.


Dorong PT dan SMK Kembangkan Mobil Listrik, Menko PMK: Saya Akan Hubungkan dengan Dunia Industri

Menurutnya Pemerintah sebaiknya mensubsidi hal lain yang lebih penting daripada mensubsidi pembelian motor dan mobil listrik.

"Daripada mensubsidi pembelian motor dan mobil listrik lebih baik Pemerintah fokus membangun ekosistem green energy termasuk mensubsidi penyediaan sarana dan prasarana umum berbasis green energy. Agar masyakat luas dapat menikmati fasilitas tersebut secara bersama-sama. Kalau subsidi pembelian motor dan mobil listrik hanya orang mampu yang bisa menikmati," kata dia lagi

Mulyanto menambahkan wacana subsidi tersebut tidak relevan dengan tujuan utama pemasyarakatan penggunaan green energy.

Menurutnya, hal yang perlu diprioritaskan Pemerintah dalam mengembangkan penggunaan green energy adalah membangun ekosistem dan infrastruktur yang komprehensif.

Ia menambahkan pemberian subsidi pembelian motor dan mobil listrik pada saat infrastrukturnya belum siap justru akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

"Sekurang-kurangnya akan menimbulkan kecemburuan sosial di masyarakat. Pemerintah bukannya mensubsidi masyarakat kecil malah mensubsidi kalangan mampu dan pengusaha. Apalagi ramai dibicarakan para pejabat ikut dalam bisnis kendaraan listrik. Ini kan ironis," tukasnya.

Inpres Mobil listrik, DPR: Momentum Bagi Indonesia Capai Target Net Zero Emission

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar