•  

logo


Polandia Bakal Bebankan Biaya Tinggal dan Makan bagi Pengungsi Ukraina

Pengungsi Ukraina yang sudah tinggal lebih dari 120 hari di fasilitas yang disediakan oleh pemerintah Polandia, harus membayar biaya tempat tinggal dan makan

30 November 2022 17:45 WIB

Ilustrasi warga Ukraina yang mengungsi ke Polandia
Ilustrasi warga Ukraina yang mengungsi ke Polandia Al Jazeera

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah Polandia berencana untuk membebankan biaya makanan dan tempat tinggal kepada para pengungsi Ukraina setelah empat bulan tinggal di fasilitas yang disediakan oleh negara.

Seperti diketahui, lebih dari satu juta warga Ukraina tercatat mengungsi ke Polandia, yang terletak di sebelah barat Ukraina, setelah Rusia memulai operasi militer khususnya pada 24 Februari 2022.

Akan tetapi, sumber daya yang dimiliki oleh Polandia kini mulai menipis, sehingga pemerintah negara tersebut kesulitan membiayai para pengungsi. Terlebih, Polandia juga tengah menghadapi krisis ekonomi.


AS Sebut Iran Sedang Kembangkan Senjata Nuklir, Rusia: Tidak Ada Bukti

"Warga Ukraina yang tinggal di Polandia di pusat akomodasi kolektif akan berpartisipasi dalam biaya perumahan dan makan," kata pemerintah Polandia dalam sebuah pernyataan, dikutip Al Jazeera.

Sehingga, pengungsi Ukraina yang tinggal lebih dari 120 hari atau lebih dari 4 bulan di akomodasi yang disediakan dan didanai oleh pemerintah Polandia, harus membayar 50 persen biaya tempat tinggal dan makanan, yakni mencapai 40 zlotys atau setara dengan USD 8,87 per hari, per orang.

Setelah 180 hari, biaya yang mereka tanggung akan semakin tinggi, menjadi 75 persen, yakni 60 zlotys atau setara dengan USD 13,27 per hari setiap orangnya.

Hanya saja, para pengungsi yang tidak dapat bekerja karena faktor usia, hamil, atau terkendala masalah fisik, masih bisa menikmati fasilitas tersebut dengan gratis.

Pemerintah Polandia juga ingin aturan baru itu diberlakukan mulai 1 Maret 2023 mendatang.

Jatuhkan Kebijakan Sanksi Anti-Rusia, Uni Eropa Kini Kehilangan Pemasok Energi Terbesarnya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia