•  

logo


Tolak Pengacara Lukas Enembe Diperiksa di Jayapura, KPK: Kalau Tidak Ada Uang Bisa Koordinasi!

KPK mengatakan tidak ada alasan yang bisa diterima terkait permintaan pemeriksaan di Jayapura

29 November 2022 06:30 WIB

sumber : https://www.merdeka.com/peristiwa/kpk-tanggapi-pkpu-luluskan-eks-koruptor-maju-pilkada-2020-enggak-ada-yang-lain.html
sumber : https://www.merdeka.com/peristiwa/kpk-tanggapi-pkpu-luluskan-eks-koruptor-maju-pilkada-2020-enggak-ada-yang-lain.html

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Deputi Bidang Penindakan KPK Karyoto mengatakan bahwa pihaknya menolak permintaan pengacara Gubernur Papua Lukas Enembe, Aloysius Renwarin untuk diperiksa di Jayapura. Ia menegaskan bahwa pemeriksaan harus dilakukan di Jakarta.

"Untuk penasihat hukum yang tidak mau diperiksa di Jakarta, ya sementara akan tetap kita panggil lagi. Karena sebenarnya tidak ada alasan untuk tidak bisa datang," kata Karyoto kepada wartawan, Senin (28/11/2022).

Ia mengatakan tidak ada alasan yang bisa diterima terkait permintaan pemeriksaan di Jayapura. Ia menyebut apabila terdapat kendala keuangan untuk berangkat ke Jakarta, ia menyarankan agar berkoordinasi dengan pihak KPK.


Dear Pak Anies, Apa Kabar Pemberian Hibah Rp63 Miliar Pemprov DKI ke Bunda PAUD?

"Kecuali kalau memang tidak punya uang atau apa ada pada kendala mungkin bisa berkoordinasi dengan kami, bagaimana cara-cara agar kami bisa mendatangkan yang bersangkutan ke Jakarta," ujarnya.

Diketahui, pengacara Lukas Enembe yakni Stefanus Roy Rening dan Aloysius Renwarin dijadwalkan menjalani pemeriksaan sebagai saksi korupsi di Jakarta pada Kamis (24/11). Namun keduanya meminta agar pemeriksaan dilakukan di Jayapura, Papua.

"Saya melakukan advokasi dan pendampingan hukum terhadap klien saya, Gubernur Papua Lukas Enembe, di Jayapura, Papua, maka saya meminta pada KPK, untuk diperiksa di Papua," kata Aloysius dalam keterangannya, Selasa (22/11/2022).

Fungsi Ginjal di Batas Kritis, Lukas Enembe Minta Izin KPK untuk Berobat ke Singapura

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati