•  

logo


Soal Spekulasi Tarik Ulur Penunjukkan Yudo sebagai Calon Panglima TNI, Puan Buka Suara

Puan membantah isu yang menyebut surat dari presiden terkait penunjukkan calon Panglima TNI sudah diterima namun ditarik lagi karena ada perubahan nama.

29 November 2022 05:00 WIB

Ketua DPR Puan Maharani dalam acara Munas HIPMI XVII di Hotel Alila Solo, Senin (21/11).
Ketua DPR Puan Maharani dalam acara Munas HIPMI XVII di Hotel Alila Solo, Senin (21/11). Dok. Prokompim Pemkot Solo

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo resmi menunjuk KSAL Laksamana TNI Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

Sementara itu, Ketua DPR Puan Maharani membantah spekulasi yang menyebut ada tarik ulur penunjukkan KSAL Yudo sebagai calon Panglima TNI. Ia menegaskan bahwa pihaknya baru menerima surat dari presiden pada Senin (28/11/2022).

"Karena seperti ada spekulasi surat sudah ada, tapi diambil kembali dengan spekulasi jangan-jangan diganti Presiden," kata Puan di kompleks parlemen, Senayan, Senin (28/11/2022).


Soal Calon Panglima TNI, DPR: Kabarnya Pak Yudo

Puan membantah isu yang menyebut surat dari presiden terkait penunjukkan calon Panglima TNI sudah diterima namun ditarik lagi karena ada perubahan nama.

"DPR baru terima hari ini, tidak ada pengambilan surat kembali, wacana merubah nama, karena memang suratnya belum ada," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pihaknya masih memiliki waktu untuk melakukan uji kelayakan dan kepatutat terhadap KSAL Yudo. Hal itu mengingat Jenderal Andika akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022.

"Kami DPR akan memasuki masa reses 15 Desember 2022. Jadi waktunya untuk bisa memenuhi semua mekanisme dan semua prosedur dan UU masih cukup untuk dibahas," pungkasnya.

Terima Surpres, DPR Umumkan KSAL Yudo Margono Jadi Calon Panglima TNI

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati