•  

logo


Walikota Kiev Minta Warga Bersiap Hadapi Pemadaman Listrik selama Musim Dingin

Walikota Kiev mengatakan bahwa sejumlah warga Kiev kemungkinan terpaksa dievakuasi ke daerah lain sehingga beban listrik di ibukota Ukraina tidak terlalu tinggi

28 November 2022 22:31 WIB

Ilustrasi penduduk Kiev, ibukota Ukraina
Ilustrasi penduduk Kiev, ibukota Ukraina Shutterstock/Kirill Trifonov

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Walikota Kiev, Vitali Klitschko pada Senin (28/11) mendesak warga masyarakat untuk bersiap menghadapi pemadaman listrik selama musim dingin ini.

"Kami berusaha memulihkan semuanya secepat mungkin, beralih ke jadwal yang jelas sehingga tidak ada kejutan (pemadaman mendadak) dan kemudian beralih ke pasokan listrik tanpa gangguan. Tetapi, kita juga harus siap menghadapi kenyataan bahwa mungkin akan ada pemadaman listrik sebelum musim semi tiba," kata Klitschko, dikutip Anadolu Agency.

Menurutnya, gangguan pada pasokan listrik ini tidak lepas dari datangnya musim dingin, dimana banyak warga yang menghabiskan lebih banyak listrik untuk mengoperasikan alat pemanas ruangan. Hal itu menimbulkan beban yang lebih besar pada sistem energi Ukraina.


Erdogan Berniat Perbaiki Hubungan Turki-Suriah

Terkait rumor yang menyebut jika pemerintah ingin mengevakuasi seluruh warga Kiev untuk menghindari serangan Rusia, ia mengatakan:"Jika setahun yang lalu ada seseorang mulai berbicara tentang apa yang terjadi di masa depan....tentang pembunuhan orang, tentang perang, tentang pemerkosaan dan genosida...maka ia tidak akan disebut orang yang waras. Tapi hari ini, (hal-hal yang sudah disebut tadi) adalah kenyataan yang mengerikan dan keras," tegasnya.

Ia menambahkan bahwa pemerintah kemungkinan akan melakukan evakuasi terhadap sebagian warga Kiev. Hanya saja, evakuasi tersebut tidak bertujuan untuk mengosongkan kota.

"Ini adalah relokasi sementara dari kategori warga tertentu di pinggiran kota," lanjutnya.

Saat ditanya apakah pemerintah Kiev juga akan mengevakuasi warganya ke luar negeri, Klitschko menjawab:"Tidak".

Menurutnya, evakuasi penuh warga Kiev akan membuat pasukan Rusia lebih mudah merebut wilayah ibukota Ukraina itu.

"Baginya (Vladimir Putin), skenario terburuk bagi kita semua adalah membawa tas kita dan pergi ke sebuah tempat, meninggalkan negara ini, pergi ke (negara-negara Barat), dan ia akan memasuki rumah kita dengan mudah," tegasnya.

Boeing Berniat Bikin Rudal agar Ukraina Bisa Serang Wilayah Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia