•  

logo


Tanggal 28 November Memperingati Hari Apa? Ada Dua Peristiwa Penting yakni Hari Menanam Pohon dan ...

Untuk menambah wawasan terkait tanggal 28 November memperingati hari apa, berikut sejarah hari mananam pohon.

28 November 2022 09:18 WIB

Hari menanam pohon nasional
Hari menanam pohon nasional ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tanggal 28 November memperingati hari apa? Rupanya, informasi terkait tanggal 28 November banyak dicari oleh netizen di mesin pencarian google.

Terkait, tanggal 28 November memperingati hari apa? Ada dua peristiwa penting yang peru kita ketahui yakni Hari Menanam Pohon Indonesia dan Hari Dongeng Nasional.

Untuk menambah wawasan terkait tanggal 28 November memperingati hari apa, berikut sejarah hari mananam pohon.


Gak Sembarangan, Ternyata Unkapan 'Segede Gaban' Ada Sejarahnya!

1. Hari menanam pohon Indonesia 2022

Hari menanam pohon Indonesia diperingati setiap tanggal 28 November setiap tahunnya. Awal mula ditetapkan hari menanam pohon berdasarkan Keputusan Presiden RI nomor 24 Tahun 2008.

Dilansir dari menlhk.go.id, tujuan hari menanam pohon Indonesia yaitu untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang pentingnya pemulihan kerusakan hutan dan sumber daya alam melalui penanaman pohon.

Selain itu, menanam pohon bisa menjaga bumi dengan menyaring polusi udara. Menanam pohon juga bisa membantu mitigasi bencana alam dengan cara melindungi tanaman, mengatur cuaca, menstabilkan tanah dan mengurangi penyebaran patogen anatar manusia dan hewan.

2. Hari dongeng nasional

Hari dongeng nasional juga diperingati setiap tanggal 28 November setiap tahunnya. Hari dongeng nasional juga tidak lepas dari legenda dongeng yang berkembang di Indonesia.

Tanggal 28 November juga merupakan hari kelahiran Pak Raden. Ia merupakan tokoh yang menginspirasi anak-anak dengan lagu dan dongengnya.

Pak Raden selelu menghadirkan dongeng dalam setiap kehidupnnya. Hal itu, tentu memberikan warna bagi dunia anak-anak. Oleh karenanya, tidak berlebihan apabila hari lahir Pak Raden disandingkan dengan hari dongeng nasional.

Dilansir dari kemendikbud.go.id, mendongeng merupakan aktivitas yang dapat merangsang perkembangan anak dan keharmonisan keluarga. Mendongeng juga merupakan salah satu kebudayaan tua yang telah mengakar di Indonesia.

Sementara itu, deklarasi hari dongeng nasional dilakukan di sejumlah daerah di Indonesia. Deklarasi itu dilakukan oleh komunitas dongeng, puluhan pendongeng, hingga komunitas literasi.

Demikianlah informasi terkait tanggal 28 November memperingati hari apa. Dimana tanggal 28 November merupakan hari menanam pohon Indonesia dan hari mendongeng nasional. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan ya.

 

Gak Sembarangan, Ternyata Berjanji Pakai Jari Kelingking Ada Sejarahnya!

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati