logo


Mayoritas Anggota Uni Eropa Tak Setuju dengan Rencana Pembatasan Harga Gas Rusia

Menteri Energi Italia mengatakan bahwa 15 dari 27 negara anggota Uni Eropa menentang rencana pembatasan harga terhadap komoditas gas Rusia

24 November 2022 21:53 WIB

Bendera Rusia dan Uni Eropa
Bendera Rusia dan Uni Eropa Sputniknews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Energi Italia, Gilberto Pichetto Fratin, pada Kamis (24/11) mengatakan bahwa setidaknya 15 negara anggota Uni Eropa telah menentang rencana Komisi Eropa memberlakukan pembatasan harga terhadap komoditas gas Rusia, di level 275 Euro atau setara dengan USD 286 per megawatt-jam.

Komisi Uni Eropa sudah mengusulkan batas atas harga pada minggu ini menjelang pertemuan 27 menteri energi negara-negara anggota Uni Eropa yang digelar pada Kamis (24/11).

Badan eksekutif Uni Eropa tersebut ingin batas harga berlaku jika harga bulan depan di pertukaran gas Belanda TTF melebihi 275 euro selama dua minggu dan jika, pada saat yang sama, harga TTF lebih tinggi 58 euro dari harga referensi global gas alam cair selama 10 tahun berturut-turut.


Menteri Olahraga Arab Saudi Buka Suara soal Rumor Kepindahan Cristiano Ronaldo ke Negaranya

"Kami baru saja menyelesaikan pertemuan negara-negara yang mengkritik proposal Komisi Eropa. Kami sepakat untuk tidak mendukung proposal tersebut," kata Fratin, dikutip Sputniknews.

Saat ditanya berapa banyak negara yang telah memutuskan untuk menentang rencana Komisi, pejabat Italia tersebut menjawab, "Lima belas."

Dia menambahkan bahwa para menteri energi akan meninjau paket lengkap langkah-langkah dukungan energi yang direncanakan Komisi untuk dibahas pada pertemuan tersebut sebelum membuat keputusan.

Setelah peluncuran operasi militer Rusia di Ukraina pada bulan Februari, Uni Eropa mengikuti jejak Amerika Serikat yang sudah lebih dahulu menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap Moskow. Langkah tersebut memperburuk masalah di pasar bahan bakar, mengakibatkan krisis energi skala besar di Eropa, meningkatnya tagihan energi, dan rekor inflasi.

Selama sebulan terakhir, para pemimpin G7 telah mempertimbangkan rencana pemberlakuan batas harga untuk gas Rusia. Sementara itu, Moskow memperingatkan bahwa mereka tidak akan mengirimkan gas ke negara-negara yang ikut memberlakukan batas harga tersebut.

Rusia Gagalkan Upaya Ukraina Sabotase Jalur Pipa Gas South Stream

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia