logo


Jokowi Dapat Anugerah atas Perannya di G20, FPCI: Ini Prestasi Terbaik dari Politik Luar Negeri

Dino mengatakan bahwa keberhasilan presidensi G20 adalah momen emas dalam politik luar negeri

24 November 2022 20:41 WIB

Presiden Jokowi pada penutupan pertemuan B20 atau B20 Summit, di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kabupaten Badung, Bali, Senin (14/11/2022)
Presiden Jokowi pada penutupan pertemuan B20 atau B20 Summit, di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kabupaten Badung, Bali, Senin (14/11/2022) Twitter @setkabgoid

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Komunitas hubungan internasional Indonesia menganugerahkan Global Leadership Award kepada Presiden Joko Widodo. Anugerah diberikan karena peran Jokowi selama masa presidensi Indonesia di G20.

Komunitas hubungan internasional terdiri Foreign Policy Community Indonesia (FPCI) dan asosiasi lainnya. Pimpinan FPCI, Dino Patti Djalal, mengatakan bahwa ini merupakan prestasi terbaik dari politik luar negeri Jokowi.

"Ini prestasi terbaik dari politik luar negeri Presiden Jokowi. Dalam delapan tahun terakhir ini, banyak kegiatan politik luar negeri yang berkaitan dengan berbagai hal, tapi menurut saya ini yang paling signifikan," kata Dino seperti diberitakan Antara, Kamis (24/11).


G20 Tahun 2023 Digelar di India, Jokowi Sebut Indonesia Siap Dukung

Pihaknya akan memberikan penghargaan tersebut kepada Jokowi dalam gelaran Conference on Indonesian Foreign Policy (CIFP) pada Sabtu (26/11) mendatang.

Dino mengatakan bahwa keberhasilan presidensi G20 adalah momen emas dalam politik luar negeri. Menurutnya, hal itu patut diapresiasi dan membanggakan.

"Saya rasa sejarah Indonesia juga akan mencatat presidensi G20 ini sebagai suatu momen emas dalam politik luar negeri RI," katanya.

Dino mengatakan bahwa banyak pihak yang khawatir KTT G20 rusak. Namun, nyatanya kekhawatiran tersebut dijawab dengan cemerlang oleh Indonesia.

"Banyak yang mengkhawatirkan KTT G20 sudah rusak permanen dan tidak bisa menghasilkan kesepakatan yang berarti, semua kekhawatiran ini adalah hal yang nyata namun dapat dijawab dengan cemerlang oleh Indonesia di bawah kepemimpinan Jokowi," jelas Dino.

Tak Ada Sesi Foto Bersama di KTT G20, Ini Respons Jokowi

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata