logo


Datangi Lokasi Terdampak Gempa Cianjur, Jokowi: Evakuasi jadi Prioritas Utama

Sejumlah korban masih tertimbun dan belum ditemukan.

24 November 2022 18:00 WIB

Presiden Joko Widodo meninjau lokasi terdampak gempa Cianjur, Kamis (24/11).
Presiden Joko Widodo meninjau lokasi terdampak gempa Cianjur, Kamis (24/11). twitter.com/jokowi

CIANJUR, JITUNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meninjau lokasi bencana gempa bumi di Cianjur pada Kamis (24/11). Selain menemui para pengungsi, kepala negara melihat langsung titik longsor di Kecamatan Cugenang, serta memantau penyaluran logistik bagi korban terdampak gempa.

Jokowi mengatakan proses evakuasi menjadi prioritas saat ini, mengingat sejumlah korban masih tertimbun dan belum ditemukan.

“Sejumlah korban masih tertimbun dan belum ditemukan di lokasi bencana. Karena itu, proses evakuasi menjadi prioritas utama para petugas di lapangan, meski berhadapan dengan berbagai kendala seperti hujan dan gempa susulan yang masih terjadi,” kata Jokowi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/11).


Utamakan Evakuasi dan Distribusi Bantuan, Jokowi: Babak Berikutnya Rehabilitasi Rumah-rumah

Dalam kunjungan ini, Jokowi dibersamai Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Senada dengan Jokowi, Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah saat ini fokus mengutamakan evakuasi korban luka hingga yang meninggal akibat gempa Cianjur. Selain itu perbaikan dilakukan pada infrastruktur vital yang terputus karena reruntuhan.

Menurut data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Indonesia, per Rabu (23/11) siang, sebanyak 284 jiwa meninggal dunia dalam bencana gempa Cianjur, sementara 151 jiwa masih dalam pencarian.

“Mudah-mudahan masih ada yang bisa diselamatkan. Untuk infrastruktur vital sudah beberapa kita selesaikan terutama jalur nasional, kemudian jalur kabupaten dan jembatan yang terputus juga sudah ditangani oleh Kementerian PUPR,” kata Muhadjir dalam keterangannya, Rabu (23/11).

Berdasarkan laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pencarian terus dilakukan di empat titik yang diperkirakan masih ada korban tertimbun, yakni di Kp. Cugenang, Rawa Cina Desa Nagrak, Salakawung Desa Sarampat, dan Warung Sate Sinta. Lokasi ini termasuk wilayah terdampak terberat sebagaimana banyaknya bangunan yang runtuh.

Jokowi Suntik Vaksin Booster 2 Pakai IndoVac, Produk Dalam Negeri

Halaman: 
Penulis : Iskandar