•  

logo


Pospenas IX di Kota Solo Resmi Dibuka, Santri se-Indonesia Siap Berlomba Jadi yang Terbaik

Pospenas diharapkan dapat memunculkan atlet nasional di masa depan.

24 November 2022 13:22 WIB

Menag Yaqut pukul kentongan sebagai tanda dibukanya Pospenas IX di Kota Solo
Menag Yaqut pukul kentongan sebagai tanda dibukanya Pospenas IX di Kota Solo Dok. Prokompim Pemkot Solo

SOLO, JITUNEWS.COM – Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) IX resmi dibuka di Stadion Manahan Solo, Rabu (23/11/2022). Pospenas ini gelaran olahraga di kalangan santri tiap tiga tahun sekali.

Tahun 2022, Kota Solo berkesempatan menjadi tuan rumah Pospenas yang bertema “Gerak Santri Bangkit Negeri”. Sebanyak 2867 santri dari 34 provinsi terlibat dalam acara yang dihelat pada 23-27 November 2022 ini.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani mengatakan Pospenas sejatinya ajang silaturahmi antarpondok pesantren se-nusantara.


Pertemuan Anies-Gibran Disebut Memecah Belah PDIP, Puan Maharani: Nggak Lah

“Pospenas ini bukan hanya sekadar ajang perlombaan olahraga, tetapi juga ajang bersilaturahmi antara para santri dengan santri lainnya di seluruh Indonesia,” kata Ali dalam sambutannya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Jawa Tengah, Sumarno berharap para peserta Pospenas selalu menjunjung tinggi sportivitas.

“Selamat berkompetisi dan kedepankan sportivitas serta kejujurannya,” ujar Sumarno.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga berpesan kepada peserta Pospenas untuk menunjukkan yang terbaik. Ia berharap ajang tersebut bisa jadi batu loncatan bagi para atlet nasional masa depan.

“Pospenas ini menjadi ajang untuk kalian semua, dan bagi kita semua untuk memunculkan atlet maupun juara. Yang terpenting sportifitas dan kejujuran yang utama, karena kejujuran merupakan ajaran utama kyai-kyai kita,” ungkapnya.

Diketahui, terdapat sesi pemukulan kentongan oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka beserta sejumlah pejabat lainnya. Hal ini sekaligus menandakan bahwa Pospenas IX di Solo resmi dibuka.

Gibran Pastikan UMK Solo 2023 Naik, Jadi Berapa?

Halaman: 
Penulis : Iskandar