•  

logo


Intip Profil Akbar Himawan Buchari, Ketua Umum BPP HIPMI yang Baru

Akbar terpilih menjadi Ketum HIPMI periode 2022-2025 berdasarkan hasil Munas XVII di Solo.

24 November 2022 12:48 WIB

Ketum BPP HIPMI 2022-2025, Akbar Himawan Buchari
Ketum BPP HIPMI 2022-2025, Akbar Himawan Buchari Istimewa

SOLO, JITUNEWS.COM – Akbar Himawan Buchari terpilih sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2022-2025. Kemenangan itu diraih berdasarkan hasil Musyawarah Nasional HIPMI XVII di Solo, Rabu (23/11/2022).

Akbar unggul di putaran kedua setelah memperoleh 92 suara, mengalahkan Bagas Adhadirgha yang mendapatkan 68 suara.

Diketahui, Akbar merupakan pemuda asal Medan, Sumatera Utara yang sukses menjalankan bisnis di berbagai sektor. Pria 34 tahun itu adalah pimpinan perusahaan otobus Kurnia berarmada 250 unit.


Munas Hipmi Rusuh, Wapres Berpesan: Perbedaan Harus Disalurkan, Bukan Jadi Permusuhan

Ayah tiga anak itu juga pernah menjabat ketua umum BPD HIPMI Sumatera Utara pada 2014-2017. Ia juga anggota DPRD Sumatera Utara Fraksi Golkar periode 2019-2024.

Di kancah akademik, Akbar ialah lulusan sarjana hukum pada 2011. Soal jabatan, ia pernah menjadi Wakil Ketua AMPI Kota Medan, Bendahara Umum Badan Koordinasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI), pengurus harian Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumatera Utara, Ketua Umum Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Sumut, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Sumut.

Akbar juga Direktur Utama PT Putra Kurnia, Komisaris CV Kurnia Group dan Direktur Utama PT Saka Mitra Sejati. Kurnia merupakan perusahaan otobus yang melayani rute Sumut hingga Nanggroe Aceh Darussalam.

Selain bisnis PO, Akbar bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit yang berlokasi di Blang Seunong, Aceh Timur. Luas lahan perkebunan yang digarap sekitar 6 ribu hektare.

Suami Ayu Sukmayani itu juga membuka hotel bintang tiga bernama Hotel Saka. Hotel itu bertempat di Jalan Gagak Hitam Medan. Ditambah lagi hotel bintang empat, Swissbell In Hotel di Jalan Gajah Mada Medan. Ia pun mengembangkan bisnis di bidang properti.

Di luar bisnis, Akbar sejatinya seorang perally. Driver Mitsubishi Evolution 9 itu telah mengikuti sejumlah event rally nasional. Terkait prestasi, Akbar pernah menyabet juara nasional kelas pemula pada 2006.

Akbar Buchari Terpilih menjadi Ketua Umum HIPMI 2022-2025

Halaman: 
Penulis : Iskandar