logo


Sah! Indonesia Dikukuhkan Lagi Sebagai Anggota Dewan FAO

Bersama FAO, tentu memudahkan Indonesia dalam perumusan kebijakan ketahanan pangan global

15 Juni 2015 13:15 WIB

Ilustrasi. (Ist)
Ilustrasi. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Setelah sempat digantikan oleh Malaysia, kini Indonesia kembali dikukuhkan menjadi anggota Dewan (Badan Pangan dan Pertanian PBB)  untuk periode 2015-2018 dalam sidang pleno organisasi itu. Keanggotaan Indonesia tersebut resmi dimulai ketika berakhirnya pelaksanaan konferensi ke-39 FAO di Roma.

Sekretaris Pertama Multilateral pada KBRI Roma, Royhan N. Wahab menyebutkan, sebanyak 119 negara anggota FAO hadir dalam sidang pleno tersebut. Dan Indonesia menjadi salah satu dari enam wakil negara dari Asia yang dikukuhkan menjadi anggota Dewan.

Secara terpisah, Sekjen Kementerian Pertanian Hari Priyono yang memimpin Delegasi RI dalam pelaksanaan Konferensi ke-39 FAO di Roma tersebut menyampaikan keberadaan Indonesia sebagai anggota Dewan FAO sangat penting.


Simak! BPOM RI Bekerja Sama Dengan Timor Leste

"Indonesia sebagai anggota Dewan FAO akan lebih memberi kesempatan kepada Indonesia untuk lebih berkontribusi dalam perumusan berbagai kebijakan global di bidang ketahanan pangan, nutrisi dan pembangunan pertanian berkelanjutan yang sesuai dengan kepentingan nasional," ujar hari seperti dikutip dari antara, Senin (15/6), di Jakarta.

Sementara itu, Minister Counsellor Multilateral pada KBRI Roma, Tazwin Hanif, menyampaikan bahwa Indonesia sebelumnya masuk sebagai anggota Dewan FAO pada tahun 2012-2014 yang lalu. Posisi Indonesia kemudian digantikan oleh Malaysia.

Menurut Tazwin, kembali masuknya Indonesia sebagai salah satu anggota Dewan FAO untuk periode 2015-2018 menunjukkan tingkat kepercayaan yang tinggi dari negara-negara Asia terhadap peran Indonesia dalam salah satu organ penting di tubuh FAO tersebut.

 

Harga Kelapa Jatuh, Petani Lakukan Ini!

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro