logo


Ganjar Sampaikan Pesan Unik untuk Para Kandidat Ketum HIPMI 2022-2025

Para kandidat nahkoda HIPMI bisa membahas masa depan organisasi sambil makan bubur.

21 November 2022 00:52 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam acara Gala Dinner HIPMI di Pura Mangkunegaran, Minggu (20/11/2022) malam.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam acara Gala Dinner HIPMI di Pura Mangkunegaran, Minggu (20/11/2022) malam. Dok. Jitunews/Iskandar

SOLO, JITUNEWS.COM – BPD HIPMI Jawa Tengah menggelar Gala Dinner di Pura Mangkunegaran pada Minggu (20/11/2022) malam. Hal ini merupakan serangkaian acara dari Musyawarah Nasional (Munas) HIPMI XVII yang akan dihelat pada tiga hari ke depan, 21-23 November 2022 di Hotel Alila Solo.

Sampeyan-dalem Ingkang Jumeneng Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (S.I.J.K.G.P.A.A.) Mangkunegara X, Bhre Cakrautomo Wira Sudjiwo menyambut baik pesta demokrasi yang akan menentukan langkah HIPMI ke depan.

“Saya berharap HIPMI akan selalu maju sebagai salah satu organisasi terbesar di Indonesia, ikut mewadahi pengusaha-pengusaha muda di Indonesia,” kata Bhre Cakrautomo dalam sambutannya.


3 Caketum BPP HIPMI Bersaing di Munas XVII, Ketua HIPMI Solo: Selamat Bertanding untuk Bersanding!

Selanjutnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan peran HIPMI sangat penting, terutama dalam membangun para enterpreneur baru di tengah situasi perekonomian yang sulit.

“Kita sedang memasuki situasi yang tidak terlalu terang, agak gelap, meski di G20 kemarin Indonesia begitu confidence (percaya diri), banyak pimpinan dari Eropa mengapresiasi. Indonesia tidak bisa diremehkan,” kata Ganjar.

Ganjar juga menceritakan upayanya melobi pengusaha dan buruh agar kedua pihak bisa mencapai mufakat soal upah minimum. “Ini perlu kita simulasikan untuk hidup bersama,” jelasnya.

Terkait pemilihan ketua umum BPP HIPMI, Ganjar memberi saran yang unik. Menurutnya, para kandidat nahkoda HIPMI periode 2022-2025 bisa berdiskusi secara santai.

“Para kandidat bisa ngobrol sambil makan bubur, barangkali di sana bisa asyik sambil salaman, ‘ya sudahlah, kita atur bareng-bareng’ itu yang sangat saya tunggu. Mudah-mudahan lancar semuanya,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum BPC HIPMI Solo Guruh Adi Novianto mengaku bahagia Kota Solo ditunjuk sebagai tempat penyelenggaraan Munas HIPMI XVII. Meski persiapan terbilang singkat, ia yakin acara dapat berjalan dengan baik berkat kolaborasi semua pihak yang terlibat.

Guruh berharap HIPMI di bawah kepemimpinan baru bisa lebih banyak berkontribusi untuk bangsa dan negara sehingga Indonesia semakin maju.

“Para Caketum, selamat bertanding untuk bersanding. Ke depan, siapapun nanti yang terpilih bisa memimpin HIPMI jadi lebih baik, lebih maju, memahami permasalahan ekonomi dengan baik, dan ikut berkontribusi nyata, berkomitmen membangun bangsa dan negara,” ujar Guruh.

Lantas, Ketua Umum BPD HIPMI Jateng, Wulan Rudy Prasetyo menyampaikan rasa terima kasih kepada para senior, juga pengurus HIPMI di seluruh nusantara yang akan meramaikan Munas XVII di Solo.

“Harapannya, saudaraku se-Nusantara hadir di Solo dengan sukacita dan semoga tiga hari ke depan mendapatkan pemimpin yang amanah dan sesuai harapan kita semua,” pungkasnya.

Diketahui, Gala Dinner ini dihadiri oleh senior, para mantan ketua umum BPP, dan pengurus BPD HIPMI dari 34 provinsi se-Indonesia. Turut serta juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi, Kajati Jawa Tengah Andi Herman. Selain itu, anggota Dewan Pertimbangan Presiden Agung Laksono, dan Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Munas HIPMI XVII akan digelar di Hotel Alila Solo pada 21-23 November 2022. Terdapat tiga agenda besar dalam Munas kali ini, yakni penyampaian laporan pertanggungjawaban dari pengurus BPP HIPMI sebelumnya, menentukan Ketua Umum BPP HIPMI periode 2022-2025, dan merumuskan program ke depan.

Tiga calon ketua umum BPP HIPMI yang akan berkontestasi adalah Anggawira, Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP HIPMI; Akbar Himawan Buchari, Wakil Ketua Umum BPP HIPMI; dan Bagas Adhadirgha, Sekretaris Jenderal BPP HIPMI.

Adapun Presiden Joko Widodo akan memberi sambutan sekaligus membuka Munas HIPMI XVII. Sejumlah pejabat juga menjadi pemateri dalam forum dialog ekonomi dan bisnis. Mereka di antaranya Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti, Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Kemudian, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid.

Minta Muhammadiyah-Aisyiyah Jadi Teladan Jelang Tahun Politik, Ganjar: Ini Menyejukkan Sekali

Halaman: 
Penulis : Iskandar