logo


Mantap! Anggota TNI Berendam di Rawa Berhari-hari Demi Jaga KTT G20, Jenderal Andika Ungkap Hal Ini

Ada hal yang unik saat TNI melakukan penjagaan vanue KTT G20. Rupanya anggota TNI berkamuflase di balik semak-semak hutan mangrove

19 November 2022 11:07 WIB

Jenderal TNI Andika Perkasa
Jenderal TNI Andika Perkasa ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sejumlah elemen dikerahkan untuk menjaga keamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, termasuk diantaranya TNI.

Ada hal yang unik saat TNI melakukan penjagaan vanue KTT G20. Rupanya anggota TNI berkamuflase di balik semak-semak hutan mangrove yang berlokasi di Taman Hutan Raya Ngurah Rai di Denpasar Bali.

Hal itu diketahui dari sebuah video yang beredar di media sosial. Pada video itu terihat Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sedang melakukan pengecekan di vanue KTT G20.


DPR: Suksesnya KTT G20 Bawa Nama Baik Bali ke Suluruh Dunia

Jenderal Andika mengatakan bahwa anggota TNI dari Kodam IX/Udayana melakukan kamuflase di tengah rawa. Kamuflase itu sudah dilakukan berhari-hari demi menjaga keamanan KTT G20.

"Oke berapa orang?" tanya Jenderal Andika saat berinteraksi denan parjurit yang tengah berkamuflase di tengah rawa seperti dikutip YouTube Polri TV, Sabtu (9/11/2022).

"Siap, 10 orang," jawab prajurit TNI.

"Oke, coba hitung sampai 10," perintah Jenderal Andika.

Prajurit TNI yang tengah berkamuflase di tengah rawa tersebut kemudian berhitung satu sampai sapuluh secara bergantian.

"Ini lagi surut atau pangsang?" tanya Jenderal Andika lagi.

"Siap surut," ucap prajurit.

Sementara itu, Jenderal Andika kepada awak media mengatakan bahwa Markas Besar TNI mengerahkan 187 prajurit untuk bertugas di lakosi KTT G20. Andika menyebut prajurit yang berkamuflase di hutan mangrove tidak dibekali dengan senjata.

“Enggak, karena kalau ada sesuatu mereka cukup menegur, mencegah, ngomong baik-baik, tapi kan komunikasi pakai radio dengan komandannya kan ada. Nah yang bersenjata hanya di ring 1, yaitu yang di bawahnya Paspampres,” jelas Jenderal Andika kepada wartawan seperti dilansir Kompas.com, Sabtu (19/11/2022).

“Jadi ring 2 ini ceritanya kalau ada orang yang mau masuk, ketemu dulu sama ring 2 dan ring 3 tadi. Harapannya itu makanya konsepnya seperti itu,” sambungnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa prajurit TNI tidak beranjak dari lokasi untuk mengantisipasi orang yang secara diam-diam menaruh barang atau masuk ke area tersebut.

Kabar Terbaru Polisi Open BO di Bali, Kapolsek Denpasar Singgung Soal Pasal yang Disangkakan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati