logo


Netizen Unggah Meme Iriana Jokowi dengan Ibu Negara Korsel, Bareskrim: Kita Temukan Unsur Pidananya

Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Adi Vivid mengatakan bahwa pihaknya sudah menemukan unsur pidana dalam meme Iriana Jokowi dan Kim Keon Hee viral.

19 November 2022 04:37 WIB

Kim Keon Hee dan Iriana Widodo
Kim Keon Hee dan Iriana Widodo twitter.com/iriana_jokowi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Meme Iriana Jokowi bersama Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon Hee membuat masyarakat geram, termasuk anak-anak dari Iriana Jokowi yakni Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep.

Dalam meme Iriana Jokowi dan Kim Keon Hee yang diunggah akun Twitter @Koprofiljati, pengunggah membuat olokan dengan menambahkan kutipan percakapan antara majikan dan pembantu. Di mana sang majikan meminta pembantunya membuatkan minuman kepada para tamu.

Sementara itu, Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Adi Vivid mengatakan bahwa pihaknya sudah menemukan unsur pidana dalam meme Iriana Jokowi dan Kim Keon Hee viral.


Viral Wanita Hina Iriana, Gibran Rakabuming: Santai

"Kita sudah temukan unsur dugaan pidananya," ujarnya seperti dilansir detikcom, Jumat (18/11/2022).

Adi mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan penyelidikan terkait profil penggunggah meme Iriana Jokowi itu. Meski demikian, ia belum merinci unsur pidana apa dalam meme tersebut.

"Betul, kita sedang lidik identitas pelaku," ujarnya.

Sebelumnya, akun Twitter @KoprofilJati sudah menghapus unggahan meme Iriana Jokowi dan Kim Keon Hee. Ia menyebut banyak yang salah paham dengan unggahannya itu.

“Sorry, gaes. Postingan dengan gambar ibu negara saya hapus. Kayanya banyak yang salah paham menganggap saya merendahkan orang di gambar tersebut,” kata @KoprofilJati.

Klarifikasi ringkas akun tersebut mendapat respons dari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. “Salah paham?,” ujarnya lewat akun @gibran_tweet.

Selain Gibran, ada Kaesang Pangarep yang tampak menuntut penjelasan. “Lha terus maksudmu gimana?” sahutnya via akun @kaesangp.

Tak lama kemudian, akun @KoprofilJati kembali menghapus kicauannya.

Sejumlah warganet turut menyesalkan tindakan @KoprofilJati. Segala bentuk penghinaan terhadap siapapun sangat tidak dibenarkan, apalagi bila ditujukan pada perempuan yang juga Ibu Negara.

“Bro, biar bagaimanapun dua-duanya adalah ibu negara. 1 ibu negara kita, 1 lagi ibu negara Korea Selatan. Anda mau ralat bahwa caption anda bukan untuk ibu Iriana, tetap saja anda menghina ibu negara Korea Selatan. Hargailah beliau seperti engkau menghargai ibumu,” kata akun @miduk17.

“Aku yang cuma orang biasa akan sangat marah kalau ibuku dihina, direndahkan begini sih, apalagi ini konteksnya yang dihina wanita dengan perawakan khas Asia Tenggara menggunakan foto ibu negara kita, orangnya emang rasis problematik, saya titip kasus ini bisa naik,” tulis akun @haphaphapz.

“Sangat disayangkan ibu negara dilecehkan. Perlu dibikin jera manusia model kayak gini. Apapun alasannya ibu negara adalah simbol negara juga kan,” ujar akun @dianalindia.

Kaesang mengakui geram dengan ulah akun @KoprofilJati. Akan tetapi, pesan dari sang ibunda membuatnya berusaha menahan diri.

“Habis diWA sama ibu, disuruh sabar. Yowes aku sabar,” tuturnya lagi.

Sebagaimana informasi yang beredar, pengguna akun Twitter @KoprofilJati itu adalah seorang pria bernama Kharisma Jati. Ia berdomisili di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Iriana Jokowi Sempat Terpeleset di Tangga Pesawat, Gibran: Kecapekan Saja

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati