•  

logo


Sebut Lebih Baik Nomor Urut Partai di Pemilu Diundi, Ini yang Dikhawatirkan PPP

PPP menilai nomor urut peserta pemilu lebih baik diundi.

17 November 2022 11:05 WIB

Arsul Sani
Arsul Sani Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, mengusulkan agar nomor urut peserta pemilu tidak berubah. Usulan dari Megawati tersebut telah ditampung dan KPU tidak keberatan dengan usulan itu. PPP menilai nomor urut peserta pemilu lebih baik diundi.

"Saya kira sistem yang sudah berjalan selama ini, di mana setiap pemilu kemudian kita undi itu masih yang terbaik," kata Wakil Ketua Umum PPP, Arsul Sani, kepada wartawan, Rabu (16/11).

Arsul mengatakan bahwa PPP khawatir jika nomor tidak berubah maka partai politik yang lolos ikut pemilu bisa tidak mendapatkan nomor yang mereka suka.


Megawati Usul Nomor Parpol Tak Diganti, Gerindra Tidak Keberatan

"Karena kami khawatir kalau itu kami setujui nanti, partai yang di luar parlemen, apalagi partai yang ternyata nanti memenuhi syarat untuk ikut pemilu, lolos juga diverifikasi faktual juga akan merasa tanda kutip ya, terkurang haknya karena untuk mendapat nomor yang mereka sukailah," katanya.

Arsul mengatakan bahwa harus dilakukan musyawarah dan disepakati oleh semua partai, baik itu dari koalisi atau partai yang baru saja lolos verifikasi. Arsul mengatakan bahwa semua partai memiliki hak yang sama.

"Ini harus dimusyawarahkan dan disepakati oleh semua partai tidak hanya yang ada di koalisi, tidak hanya yang nanti katakanlah sudah ikut pemilu termasuk partai baru kalau dia lolos verifikasi faktualnya setelah lolos verifikasi administrasi harus kita dengar," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia, mengatakan bahwa pemerintah, KPU, dan fraksi partai politik tidak keberatan dengan usulan dari Megawati.

"Soal nomor urut. Nah ini ada aspirasi waktu itu berkembang dan kemudian kita diskusikan. Nah alhamdulillah dalam diskusi itu pemerintah tak keberatan, KPU juga tak keberatan, fraksi-fraksi juga cuma satu yang waktu itu minta dipertimbangkan," kata Doli kepada wartawan di gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (15/11).

Doli mengatakan bahwa nomor urut parpol yang lolos pada Pemilu 20219 tidak berubah. Sedangkan parpol yang lain akan diundi.

"Akhirnya kita sepakat bahwa partai-partai yang kemarin lolos di Pemilu 2019, itu nomor urutnya tetap, dan yang lain nanti akan diundi," ucapnya.

Usulan Megawati soal Nomor Urut Parpol Direalisasikan, DPR: KPU Tidak Keberatan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata