•  

logo


Usulan Megawati soal Nomor Urut Parpol Direalisasikan, DPR: KPU Tidak Keberatan

Megawati mengusulkan nomor urut partai politik di Pemilu 2024 tidak diganti

16 November 2022 09:50 WIB

Megawati Soekarnoputri
Megawati Soekarnoputri Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, mengusulkan nomor urut partai politik di Pemilu 2024 tidak diganti. Usulan tersebut juga disampaikan Megawati ke KPU dan Bawaslu.

Usulan dari Megawati tersebut ditampung dan direalisasikan lewat Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang tentang Pemilu (Perppu Pemilu).

Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia, mengatakan bahwa pemerintah, KPU, dan fraksi partai politik tidak keberatan dengan usulan dari Megawati.


NasDem Klaim Anies Baswedan Bakal Lanjutkan Pembangunan Jokowi

"Soal nomor urut. Nah ini ada aspirasi waktu itu berkembang dan kemudian kita diskusikan. Nah alhamdulillah dalam diskusi itu pemerintah tak keberatan, KPU juga tak keberatan, fraksi-fraksi juga cuma satu yang waktu itu minta dipertimbangkan," kata Doli kepada wartawan di gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (15/11).

Doli mengatakan bahwa nomor urut parpol yang lolos pada Pemilu 20219 tidak berubah. Sedangkan parpol yang lain akan diundi.

"Akhirnya kita sepakat bahwa partai-partai yang kemarin lolos di Pemilu 2019, itu nomor urutnya tetap, dan yang lain nanti akan diundi," ucapnya.

Sebelumnya, Megawati mengaku sudah mengusulkan soal nomor urut parpol ke KPU. Megawati menilai nomor urut yang berubah akan menjadi beban bagi partai.

"Dari pihak PDIP, kami mengusulkan kepada KPU untuk melihat kembali, tapi pengalaman dua kali pemilu sebenarnya yang namanya tanda gambar itu, nomor itu sebenarnya saya katakan kepada Bapak Presiden dan Ketua KPU dan Bawaslu bahwa itu terlalu menjadi beban bagi partai," kata Megawati di Seoul, Korea Selatan, Jumat (16/9).

"Karena secara teknis itu kan harus ganti lagi dengan bendera atau alat peraga yang begitu banyak, sehingga bagi kami itulah yang saya sampaikan," lanjutnya.

Bantah Koalisi Anies Terganjal Uang, PKS: Ini Soal Strategis Nasib Bangsa

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata