•  

logo


Sayonara, Produsen Mobil Asal Jepang Ini Putuskan Hengkang dari Rusia

Perusahaan ototmotif Jepang, Mazda, memutuskan untuk keluar dari pasar Rusia

11 November 2022 18:08 WIB

Mobil Mazda
Mobil Mazda istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Produsen mobil asal Jepang, Mazda, memutuskan untuk menghentikan bisnisnya di Rusia. Perusahaan itu mengumumkan keputusannya dalam laporan keuangannya pada hari Kamis (10/11).

“Perusahaan telah memutuskan untuk mengalihkan semua kepemilikan ekuitasnya di Mazda Sollers Manufacturing Rus [MSMR], sebuah perusahaan manufaktur dan penjualan mobil di Vladivostok, Rusia, kepada Sollers PJSC, mitra usaha 'joint-venture' kami, dan menandatangani perjanjian transfer pada 24 Oktober 2022,” kata laporan itu, dikutip RT.com.

Menurut Mazda, transfer akan dilakukan secara simbolis. Selain itu, perusahaan juga mencatat bahwa mereka memperkirakan "kerugian luar biasa", yang mencapai sekitar USD 84 juta karena keputusannya untuk keluar dari proyek joint-venture tersebut.


Bordir Tasikmalaya Binaan Pertamina Berhasil Tembus Pasar Asia

Menurut laporan media, Mazda sudah menghentikan pengiriman suku cadang ke pabriknya di Vladivostok pada bulan Maret kemarin, sementara Soller PJSC menghentikan operasinya pada akhir April 2022.

“Meskipun [Mazda] telah melanjutkan diskusi dengan Sollers, tidak ada jalan untuk memulai kembali bisnis, maka kami telah setuju untuk mentransfer semua kepentingan ekuitas kami ke Sollers,” tambahnya.

Sementara itu, Sollers mengatakan bahwa pihaknya telah menerima persetujuan untuk kesepakatan dengan Mazda tersebut dari pejabat Rusia, tetapi transfer sejauh ini belum dilakukan secara resmi.

"Sollers akan membeli saham Mazda dalam bentuk joint-venture dan berencana untuk memulai kembali pabrik pada jajaran model baru tahun depan," kata perwakilan perusahaan kepada media otomotif Autonews.

Menurut laporan sejumlah narasumber anonim kepada Interfax, transfer dapat diselesaikan pada bulan Desember mendatang. Menurut Mazda, pihaknya akan mempertahankan opsi untuk kembali membeli sahamnya selama tiga tahun ke depan.

MSMR telah beroperasi di Rusia sejak tahun 2012. Lini produksinya meliputi crossover Mazda CX-9 dan Mazda CX-5 serta sedan Mazda 6.

Timor Leste Bakal Resmi Jadi Negara Anggota ASEAN

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia