•  

logo


Dokter Tifa Tuding TV Analog Dimatikan Demi 5G, Kominfo Ungkap Manfaat Internet Cepat

Dokter Tifa menuding program ASO diluncurkan karena ada kepentingan dibalik matinya siaran TV analog

6 November 2022 10:13 WIB

Ilustrasi Televisi Analog
Ilustrasi Televisi Analog istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dokter Tifa buka suara terkait Program Analog Switcf Off (ASO) yang diluncurkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Ia menuding program itu diluncurkan karena ada sejumlah kepentingan dibalik matinya siaran TV analog, salah satunya demi jaringan internet yang lebih cepat yakni 5G.

"Mengapa TV Analog dipaksa untuk dimatikan? Jawabannya: 5G," ucapnya di akun Twitter pribadinya @DokterTifa yang dilihat Minggu (6/11/2022).

Sementara itu, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Usman mengatakan bahwa peralihan siaran TV analog ke TV digital dilakukan untuk mengefisiensi atau penghematan frukensi.


Heboh 17 Juta Data Pelanggan PLN Diduga Dijual-Belikan, Kominfo: Kami Usahan yang Terbaik

Ia mengatakan bahwa kecepatan koneksi internet akan memberikan efek berganda. Ia menyebut sektor ekonomi digital bisa tumbuh subur sehingga bisa meningkatkan pendapatan negara.

"Yang dapat digunakan untuk mewujudkan internet cepat yang lebih merata, efek berganda di sektor ekonomi digital, dan memberikan tambahan pemasukan APBN dari sektor Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Selain itu juga akan terjadi potensi peningkatan PDB yang signifikan," ungkapnya, dalam siaran pers Kominfo.

 

Ada Channel yang Belum Pindah ke Siaran Digital, Menkominfo Beri Sindiran Ini

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati